Kesehatan

Berupaya Kuatkan Karakter Anak di Tengah Pandemi, PGRI Purworejo Gelar Lomba Mendongeng Cerita Rakyat

PURWOREJO, detakjateng.co.id-Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, terus berupaya untuk membangkitkan semangat anak agar terus berkreasi sekaligus menguatkan karakternya di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19. 

Hal itu diwujudkan dengan menggelar Lomba Mendongeng Cerita Rakyat yang diikuti puluhan siswa jenjang TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Para peserta bersaing menampilkan kreativitas terbaiknya dalam kompetisi untuk memeriahkan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 tersebut.

Mengingat banyaknya jumlah peserta, penilaian final lomba secara virtual dilangsungkan selama 2 hari, Jumat-Sabtu (19-20/11), di Coffee and Resto Satria Bogowonto, Kelurahan Pangeran, Kecamatan Purworejo. 

Hadir sekaligus membuka kegiatan, Ketua PGRI Kabupaten Purworejo, Irianto Gunawan, didampingi sejumlah pengurus.Ketua Panitia Penyelenggara, Ika Mery Widharningsih, dalam laporannya menyebut final lomba mendongeng diikuti 53 peserta yang terbagi dalam 2 kategori. Kategori siswa TK/PAUD dan SD/MI terdiri atas 33 peserta, sedangkan kategori SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sebanyak 20 peserta.

“Karena masih pandemi, dalam lomba ini peserta tidak tampil secara langsung, melainkan mengirimkan video karya mendongeng. Nantinya akan diambil juara 1 hingga harapan 3 untuk masing-masing kategori,” katanya, Sabtu (20/11/2021).

Dijelaskan, lomba mendongeng masuk dalam bidang kompetisi kreativitas guru dan siswa yang terdiri atas 3 cabang. Selain mendongeng, ada lomba KarismaTIK (Karya Inspiratif Media Ajar Berbasis TIK) dan Lomba Vlog Selami (Sekolah Semasa Pandemi).

“Lomba mendongeng mengangkat cerita rakyat yang berbasis kearifan lokal Kabupaten Purworejo. Materi lomba bersumber dari cerita rakyat yang mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan, atau legenda yang mampu membangun pendidikan karakter bangsa serta tidak mengandung unsur yang menyinggung SARA,” jelasnya.

Irianto Gunawan mengungkapkan, HUT ke-76 PGRI dan HGN 2021 mengangkat tema “Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Mengingat masih dalam masa pandemi, PGRI Kabupaten Purworejo berupaya untuk menyiasati pelaksanaan kegiatan agar tetap aman, tetapi tidak mengurangi kualitas dan kuantitasnya.

“Momentum HUT PGRI tahun ini harus disikapi dengan bijak. PGRI punya kiat-kiat dalam mengadakan lomba dan kegiatan lain yang menjaga protokol kesehatan, tetapi tidak menghilangkan kualitasnya,” ungkapnya.

Selain lomba kreativitas siswa dan guru, ada berbagai kegiatan lain yang telah dan akan dihelat oleh PGRI. Kegiatan akan dipuncaki dengan Malam Tasyakuran pada 24 November dan Resepsi pada 11 Desember di Gedung PGRI. Dalam kesempatan itu akan ditampilkan para pemenang lomba secara langsung.

“Kegiatan kita adakan di lokasi yang berbeda-beda sekaligus untuk mengenalkan PGRI kepada masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam setiap kegiatan, termasuk kompetisi, PGRI menggandeng elemen terkait yang sudah profesional di bidangnya. Hal itu untuk menjamin kualitas dan sportivitas.

“Sebenarnya PGRI mampu menilai sendiri karena memiliki banyak anggota, tapi kita ingin profesional. Termasuk dalam lomba mendongeng ini, kita tidak main-main dengan mendatangkan 3 orang juri yang memang kompeten dan profesional di bidangnya,” tandasnya (MAY).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 12 =

Back to top button