Kesehatan

Covid-19 Masih Ada di Sekitar Kita, Kadinkes Minta Masyarakat Jangan Abaikan Prokes

WONOSOBO, detakjateng – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonosobo, dr. M. Riyatno mengingatkan bahwa virus corona atau Covid-19 masih ada ditengah masyarakat. Oleh sebab itu ia meminta masyarakat tidak mengabaikan kondisi meski pandemi ini sudah berlangsung hampir 2 tahun.

“Walaupun kasus Covid-19 sudah hampir dua tahun dan kasus sudah sedikit, tetapi ancaman Covid-19 masih ada disekitar kita. Karenanya kita tidak boleh abai dengan keberadaan Covid-19,” katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (20/11/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia belum juga ada tanda-tanda mereda. Namun di Indonesia secara umum boleh dikatakan sudah sangat berkurang kasusnya.

“Di Indonesia secara umum boleh dikatakan sudah sangat berkurang kasus Covid-19, tapi sayangnya hal sebaliknya terjadi di beberapa negara yang mulai meningkat cukup signifikan. Dan ini menunjukkan bahwa Covid-19 masih ada disekitar kita dan bahkan cenderung makin sulit ditangani akibat mutasi dari virusnya,” ungkapnya.

Riyatno menambahkan, Pemerintah Wonosobo sudah berikhtiar maksimal dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 ini, dari mulai dukungan untuk 3T, sosialisasi prokes, penegakan disiplin bahkan sampai dengan pengenaan sanksi bagi pelanggarnya. Bahkan menurutnya, pengalokasian anggaran yang besar untuk penanganan Covid-19 juga menjadi prioritas Pemerintah Daerah. Dan itu semua bertujuan untuk menjamin kesehatan masyarakat.

“Upaya melepaskan diri dari pandemi terus dilakukan, kurang lebih satu setengah tahun segala upaya telah dikerjakan. Dimulai dari tracing, testing, treatmen dan termasuk vaksinasi. Upaya itu sudah menunjukan hasil dimana masyarakat secara umum sudah membaik, angka kematian kesakitan semakin menurun sehingga kualitas kesehatan sudah menunjukan pemulihan,” ungkapnya.

Walaupun sudah menunjukan pemulihan, namun ia mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, karena Prokes menjadi kunci bagi masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

“Mari bersama-sama untuk tetap memakai masker dengan baik, tetap menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menjaga kekebalan tubuh dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (Aris)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 7 =

Back to top button