Kesehatan

Vaksinasi Door To Door, Upaya BIN Mudahkan Warga Wonosobo Dapatkan Vaksin Covid-19

WONOSOBO, detakjateng –┬áPandemi Covid-19 yang belum jelas kapan ujungnya, membuat pemerintah melakukan berbagai upaya dalam rangka mengeluarkan bangsa Indonesia dari situasi Pandemi Covid-19 yang menyebabkan krisis di segala aspek kehidupan.

Salah satu cara yang dipercaya menjadi kunci dari jawaban akan Pandemi Covid-19 ini adalah menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Program vaksinasi ini dipercaya mampu menjadi kunci utama keluar dari situasi pandemi yang penuh krisis ini.

Selain pemulihan pada sektor ekonomi, pemberian vaksin kepada seluruh rakyat Indonesia juga menjadi prioritas utama bagi pemerintah untuk saat ini. Oleh karena itu, BIN daerah Jawa Tengah menggelar vaksinasi door too door di Kabupaten Wonosobo pada Senin (22/11/2021).

Pola jemput bola seperti ini, hingga tingkat desa, RW bahkan RT atau konsep door to door dinilai efektif untuk menyisir peserta vaksin utamanya lansia dan masyarakat umum yang belum tervaksin. Dalam pelaksanaannya, petugas kesehatan didampingi anggota BIN daerah Jateng menyisir gang-gang sempit untuk mendatangi rumah-rumah warga yang akan divaksin.

Petugas terlebih dahulu melakukan screening terhadap peserta vaksin dan jika memenuhi persyaratan, maka dilakukan vaksinasi di kediaman warga tersebut. Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menghadapi pandemi Covid-19, disamping tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kali ini BIN daerah Jateng bekerjasama dengan Pemkab Wonosobo menyelenggarakan vaksinasi massal kepada masyarakat secara door to door. Vaksinasi ini merupakan bentuk dukungan BIN terhadap upaya pemerintah mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity pada akhir 2021,” kata Kabag Ops BIN Daerah Jateng, Wara Winahya saat ditemui seusai acara vaksinasi.

Menurutnya, sebanyak 4.700 dosis vaksin disiapkan oleh BIN daerah Jateng untuk pelaksanaan vaksinasi di beberapa titik di Kabupaten Wonosobo. Ribuan dosis vaksin tersebut disediakan untuk pelaksanaan vaksinasi santri di Ponpes Al-Mubarok Manggisan, Mojotengah dan vaksinasi door to door di sejumlah desa.(Aris)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + 19 =

Back to top button