Kesehatan

Binda Jateng Gelar Percepatan Vaksinasi, Genjot Capaian 70 Persen

PURWOREJO, detakjateng – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, kembali menggelar vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Purworejo. Tak hanya di Kabupaten Purworejo, Binda Jateng juga menggelar vaksinasinasi di Kabupaten Pekalongan, Grobogan dan Banyumas.

Total ada 8.000 dosis vaksin yang disediakan oleh panitia di empat wilayah kabupaten tersebut. Selain membuka sentra, para vaksinator juga mengunjungi masyarakat secara door to door.

“Untuk Kabupaten Purworejo, vaksinasi kami tempatkan di Desa Bandungrejo, Kecamatan Bayan. Dari data yang ada pafa kami, capaian vaksinasi di Kabupaten Purworejo masih 68,38% jauh dari capaian provinsi yaitu 73,89%,” jelas Kabagops Binda Jateng, Isworo Winahyo saat meninjau jalannya vaksinasi, Senin (13/12).

Dengan vaksinasi, lanjut Isworo, diharapkan dapat membantu percepatan vaksinasi terutama untuk daerah yang belum mencapai target 70% seperti Kab Pekalongan dan Purworejo.

“Mengapa kami melaksanakan vaksinasi secara door to door? Karena vaksinasi door to door efektif dalam rangka menyisir masyarakat yang tidak mampu mengakses sentra vaksinasi terutama kelompok lansia dan difabel,” lanjutnya.

Ia juga menimbau bagi masyarakat yang telah memperoleh vaksin covid-19, tetap menerapkan protokol kesehatan, karena pandemi belum berakhir. Terlebih adanya ancaman mutasi jenis baru seperti varian Delta Plus dan Omicron.

“Pemerintah dalam waktu dekat juga akan menyelenggarakan PPKM Natal dan Tahun Baru 2022 sesuai Inmendagri No. 62 tahun 2021 yang intinya penerapan prokes yang lebih ketat dengan pendekatan 5 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas,¬† menghindari kerumunan) dan 3T (testing, tracing, treatment),” jelas Isworo.

Dengan vaksinasi ini, diharapkan kekebalan komunal / herd immunity dapat segera terbentuk. Sehingga aktivitas ekonomi dapat kembali seperti sediakala.

Dua Jenis Vaksin
Sementara itu, Koordinator Imunisasi Puskesmas Bayan, Tri Wulansari menjelaskan bahwa, hari ini panitia menyediakan dua jenis vaksin yaitu Pfizer dan Sinovac. “Untuk anak SD dimulai tadi.pukul¬† 08.00 hingga 10.00 WIB mendapat Vaksin pfizer dosis 2. Sedangkan masyarakat umum berasal dari desa-desa di Kecamatan Bayan, memakai Sinovac dan pfizer dosis 2,” kata Tri Wulansari.

Total vaksin yang disediakan hari ini ada 1.186 dosis yang dipakai untuk suntikan dosis 1 dan 2. “Harapan kami, dengan adanya vaksinasi terus menerus inu, semua masyarakat bisa terlayani. Bagi yang sudah vaksin, diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat lain yang masih takut dan was-was divaksin. Saat melihat yang sudah vaksin hingga dosis 2 bisa berani mengikuti vaksin,” pungkas Tri Wulan. (Nurul Retno M)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − 3 =

Back to top button