Kesehatan

Capaian Vaksinasi di Kecamatan Bener Purworejo Lampaui 70 Persen

PURWOREJO, detakjateng – Capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah saat ini telah melampaui angka 70 persen lebih dan kasus Covid-19 makin terkendali. Kendati demikian, warga tetap diminta untuk tidak lengah dan tertib dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Bener, Sudarto mengungkapkan, bahwa dari sekitar 27 ribu warga sasaran vaksinasi, saat ini sudah ada sekitar 20 ribu warga di wilayah kecamatan Bener yang tervaksin. 

“Secara persentase berarti sudah sekitar 75 persen,” katanya saat dimintai keterangan, Selasa (14/12/2021).

Disebutkan, saat ini stok vaksin bagi warga yang tersebar di 28 desa se- Kecamatan Bener masih aman. Guna menjamin ketersediannya, pihak Pukesmas Bener bersama jajaran Muspicam terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo.

“Selama ini, kalau ada kekurangan, malam pun vaksin diantar. Kita terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Bener ini tervaksin,” sebutnya.

Lanjutnya, guna mengakselerasi vaksinasi, Puskesmas menggandeng seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait. Strategi itu di luar jadwal rutin vaksinasi Puskesmas sebanyak 5 hari dalam setiap pekan. “Kita terus menyisir ke desa-desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Karena itu, sejumlah langkah preventif tetap dijalankan untuk mencegah adanya kasus-kasus baru, terlebih pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

“Deteksi dini melalui pemeriksaan rapid antigen terus kita lakukan. Misalnya kepada para pendatang baru, warga yang hendak bepergian, atau pasangan pengantin, kita vasilitasi rapid antigen gratis,” tandasnya. (MAY)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − eleven =

Back to top button