Pendidikan Dan Budaya

Dua Mahasiswa FK UMP Kembali Raih Juara Nasional

Banyumas, detakjateng co.id –Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah berprestasi dan berinovasi. Dua mahasiswaa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FK UMP) tersebut mengikuti kejuaran nasional MECBOT KEMENKO PMK. Mahasiswa atas nama Ghifari Irtiza dan Ratu Annasa berhasil meraih Juara 1 dalam lomba tersebut.

Dekan FK UMP dr Muhammad Mansyur Romi SU PA (K) mengatakan, Ghifari membuat pensteril ruangan berbasis iot. Kombinasi antara sinar UV, hepa filter dan desinfektan.

“Mahasiswa FK UMP mengukir prestasi di tingkat Nasional yaitu Ghifari Irtiza dan Ratu Annasa menunjukan keahliannya dibidang teknologi robotik untuk dunia kedokteran dan kesehatan. Mereka sudah berani mengikuti kompetisi dan menunjukan kelebihan inovasinya di kejuaran nasional MECBOT KEMENKO PMK dan berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan menjadi juara 1,” jelasnya, Senin (20/12/2021).

Dijelaskan, Ghifari dan Annasa membuat inovasi “Pensteril Ruangan Berbasis IOT, kombinasi antara sinar UV, hepa filter dan desinfektan.

“Ghifari dan Ratu berhasil mengalahkan 15 nominator yang berasal dari Universitas Negeri dan Swasta yang sudah masuk tahap seleksi final, biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu unit sekitar 12 juta, dan hobby membuat robot sudah ditekuni keduanya semenjak SMP dan SMA,” katanya.

Ghifari Irtiza berharap dapat mengembangkan teknologi di eranya. “Kita harus bisa mengembangkan teknologi di era teknologi dan juga mengajukan banyak penelitian yang belum ada di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Ratu Annasa berharap agar kemenangannya dapat menginspirasi untuk mahasiswa yang lain (nan).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − five =

Back to top button