Editorial

Galeri Dekranasda Diresmikan, Diharapkan Dapat Tingkatkan Pemasaran Saat Pademi

PURWOREJO, detakjateng.co.id-Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti secara resmi melaunching Galeri Dekranasda Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, di Gedung Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah), Rabu (15/12/2021) 

Hadir dalam peresmian itu Ketua Dekranasda Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari, Wakil Ketua Dekranasda Erna Setyowati, Kepala Disnakertrans Hadi Pranoto, para perajin batik serta pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya, Wabup Yuli Hastuti berharap keberadaan Galeri Dekranasda dapat menjadi wahana mempromosikan produk-produk kerajinan yang ada di Kabupaten Purworejo, terutama mempromosikan produk berkualitas yang menonjolkan nilai-nilai daerah.

“Dekranasda Kabupaten Purworejo memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif, menjadi elemen penggerak industri kerajinan, serta sekaligus berperan sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan kerajinan lokal yang semakin bermutu dan berkualitas,” kata Wabub.

Selain itu, menurut Wabup, Dekranasda berperan penting dalam menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kerajinan dalam rangka mengembangkan identitas budaya, serta memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, perajin dan seniman. Keberadaan Galeri Dekranasda ini merupakan salah satu kontribusi Dekranasda dalam memberikan ruang bagi para pelaku industri/usaha kecil menengah (IKM/UKM) untuk memasarkan hasil produksinya, terlebih di masa pademi Covid-19 ini.

“Dengan demikian para perajin akan semakin terpacu untuk berkreativitas, sehingga di satu sisi kesejahteraan pelaku IKM/UKM meningkat dan bisa ikut membantu perekonomian saat situasi yang sulit akibat pedemi dan di sisi lain warisan budaya dari para leluhur kita juga akan tetap lestari,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabub meminta agar dalam situasi pandemi Covid-19 membuat IKM/UKM berpikir cerdas dan mencari peluang pasar yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pemasaran serta penjualan dengan menggunakan platform digital. 

“Dalam kaitan ini, maka Dekranasda diharapkan turut berperan dalam mendorong dan memfasilitasi IKM/UKM dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,” pesannya.

Lanjutanya, Yuli Hastuti mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk-produk Kabupaten Purworejo dengan membeli produk-produk IKM/UKM Kabupaten Purworejo. Salah satunya dengan memberikan support dan berbelanja di Galeri Dekranasda sebagai manifestasi menyukseskan tagline “Tresno Purworejo Larisi Purworejo”.

“Saya juga memiliki kenangan dan kebanggaan tersendiri dengan dibangunnya Galeri Dekranasda ini. Dulu disini adalah Gedung Kasda, dan tahun 2007 saat Pak Kelik masih ngasto Bupati, saya sudah nyuwun ke bapak agar dibangunkan gedung Dekranasda untuk menampung UMKM karena kita memang belum punya gedung waktu itu. Berlanjut hingga periode pertama saya dan Pak Agus Bastian menjabat, saya juga menyampaikan hal yang sama dan Pak Bupati juga mendukung hal tersebut,dan akhirnya setelah 14 tahun terwujudlah impian saya,” kenangnya (MAY).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =

Back to top button