Wisata Dan Kuliner

Nataru, Obwis di Purworejo Tetap Buka, ini Syaratnya

PURWOREJO, detakjateng-Menghadapi Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Pemkab Purworejo, akan membuka semua obyek wisata. Namun tentunya harus mematuhi protokol kesehatan dan sesuai dengan Instruksi Bupati (Inbup).

Dalam Inbup nomor 9683 tentang Pemcegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pada Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, Bupati Agus Bastian memerintahkan agar pengaturan obyek wisata (obwis) sesuai dengan aturan dalam Inbup. Dalam Inbup, Bupati Agus Bastian menginstruksikan agar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengidentifikasi obyek-obyek wisata favorit pengunjung serta meningkatkan kewaspadaan. Pengaturan ganjil genap bisa diberlakukan di obyek wisata yang ramai jika diperlukan.

Tempat-tempat wisata yang menjadi primadona pengunjung biasanya adalah pantai. Ada dua pantai di Kabupaten Purworejo yang sering ramai dikunjungi, yaitu adalah Pantai Dewaruci Jatimalang yang berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi dan Pantai Jetis di Kecamatan Grabag. 

“Kami menerapkan etiketing untuk Pantai Dewaruci. Wisatawan yang masuk juga harus scan Aplikasi Peduli Lindungi yang sudah kami siapkan. Semua pengumjumg dan pedagang harus tetap menerapkan prokes dengan pendekatan 5M,” kata Kepala Dinparbud, Stephanus Aan saat dihubungi, Sabtu (19/12).

Secara pararel Finas Parbud telah menyosialisasikan penggunaan dan penegakkan Prokes serta Aplikasi Peduli Lindungi. Termasuk di semua desa wisata. 

“Jajaran Dinas Parbud sudah siap memberikan pelayanan terbaik dengan prokes di setiap destinasi wisata. Kami meminta kerja sama dari semua stake holder agar melakukan pengawasan ekstra di obyek wisata. Masyarakat juga diminta partisipasinya untuk mematuhi prokes agar Covid-19 tidak ada lagi gelombang besar Covid-19 pasca libur Nataru,” harapnya.

Selama libur Nataru, obwis yang ada di Kabupaten Purworejo tetap buka. Dengan syarat sesuai dengan Inbup, jumlah pengunjung maksimal 75% dari total kapasitas. (Nurul Retno M)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + one =

Back to top button