Lingkungan Dan Pertanian

Progres Revitalisasi Kedung Putri Capai 78,7%, Lebihi Target

PURWOREJO, detakjateng-Proyek revitalisasi saluran irigasi Kedung Putri di Kabupaten Purworejo masih akan berlangsung hingga Bulan Mei 2022 mendatang. Meskipun sempat menuai protes dari para petani akibat terancam gagal panen pada awal pengerjaan di pertengahan Agustus lalu, namun kini sudah teratasi dengan pemasangan pompa sumur bor.

“Progres pengerjaan saat ini telah mencapai 78,702% dari target 78,4% hingga 31 Desember 2021. Masih melebihi target meskipun sedikit, mengingat sekarang masih pertengan Desember,” kata Set Manager Kontraktor Proyek, PT Taruna Putra Pertiwi, Priyo Husodo dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (18/12).

Paket proyek revitalisasi Kali Kedung Putri ini menggunakan dana pinjaman dari program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP).

“Nilai proyek kurang lebih Rp 53 miliar. Paket pengerjaannya berupa pengerukan sedimen, pembuatan lantai sungai, pemasangan lining, perbaikan tembok (dinding saluran) sepanjang 9,3 KM saluran induk. Jadi tidak menggunakan APBN,” jelas Priyo.

Karena menggunakan dana pinjaman, lanjut Priyo, pekerjaan ini harus tepat waktu. “Dalam bekerja kami sudah sesuai peraturan, ini uang pinjaman untuk kepentingan rakyat, jadi harus amanah, tepat sasaran dan tepat waktu,” tegasnya.

Dikutip dari laman bangda.kemendagri.go.id, SIMURP adalah upaya meningkatkan efisiensi irigasi melalui pendekatan modernisasi berbasis partisipatif. (NING)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 7 =

Back to top button