Kesehatan

Terdampak Covid-19, Jokowi Beri Bantuan Pedagang Kaki Lima Pasar Kertek

WONOSOBO, detakjateng –┬áPresiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo pada Selasa (14/12/2021). Hujan deras yang mengguyur Pasar Kertek saat itu, tidak menyurutkan langkah Presiden untuk menyapa para pedagang.

Pada kesempatan tersebut, Presiden menyerahkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung yang sehari-hari berjualan di Pasar Kertek. Tambahan modal tersebut diharapkan dapat membantu para pedagang untuk mengembangkan usahanya yang terdampak pandemi Covid-19.

Saat berdialog dengan salah satu pedagang kaki lima, Jokowi menanyakan jumlah bantuan uang tunai yang diperoleh para pedagang. Ia pun meminta para pedagang kaki lima untuk memanfaatkan bantuan uang tunai untuk tambahan modal usahanya.

“Bantuan uang tunai ini untuk tambahan modal ya pak. Usahanya dikembangkan lagi. Barang dagangannya juga ditambah lagi,” ungkap Presiden kepada salah satu pedagang kaki lima.

Sementara itu, Kepala Pasar Kertek, Nyuhono mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap omzet dan pendapatan para pedagang di Pasar Kertek. Apalagi pada tiga bulan pertama pandemi, para pedagang tidak bisa berjualan sama-sekali.

“Untuk omzet dan pendapatan menurun drastis sampai 50 persen. Tapi pedagang ya mungkin ada yang nggak jualan karena banyak yang nggak laku, tapi pengaruh pandemi sangat berpengaruh sekali. Sehingga harapannya bantuan dari Bapak Presiden Jokowi bisa menambah modal usaha para PKL ini,” bebernya.

Sementara itu, salah satu PKL Pasar Kertek, Alim Alif mengaku bersyukur dengan bantuan tersebut. Ia akan menggunakan uang bantuan tersebut untuk menambah modal usahanya. Dengan harapan, bisa menambah penghasilannya sehari-hari.

“Tadi ditanya Pak Jokowi, modal usahanya berapa dan disuruh mengembangkan usahanya dengan tambahan modal dari bantuan tadi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bantuan tersebut diberikan kepada lebih dari 200 pedagang kaki lima. Bantuan tersebut berupa uang tunai senila Rp 1,2 juta dan bingkisan yang berisi sembako. (Aris)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × four =

Back to top button