Kesehatan

Wisata di Wonosobo Tetap Buka Saat Nataru, Begini Aturannya

WONOSOBO, detakjateng – Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Wonosobo dipastikan bakal tetap dibuka selama momen libur Natal dan Tahun Baru. Namun, pembukaan wisata tersebut akan memberlakukan beberapa skema pengetatan, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, Agus Wibowo melalui siaran persnya mengungkapkan, sejumlah tempat wisata akan tetap buka saat momen perayaan Natal dan Tahun Baru. Namun, pengetatan di lokasi wisata akan dilakukan seperti membatasi jam kunjungan wisatawan selama 90 menit.

“Pengelola tempat wisata harus menyiapkan sarana praaarana yang dibutuhkan, seperti tempat cuci tangan, sabun, tisue, tempat sampah, handsanitizer, alat cek suhu tubuh, alat penyemprot dan bahan disinfektan,” jelasnya, Minggu (19/12/2021).

Menurutnya, para pengelola dan wisatawan wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan saat akan masuk daya tarik wisata. Wisatawan juga akan dicek suhu tubuh serta wajib membawa kartu vaksin.

“Wisatawan dibatasi waktu kunjungannya selama 90 menit. Selain menerapkan Prokes ketat tadi, tempat wisata juga dibatasi jumlah pengunjungnya sebanyak 25 persen dari kapasitas,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakannya, para pengelola wisata juga diminta untuk rutin menjaga kebersihan dan melakukan penyemprotan disinfektan selama 4 jam sekali dilokasi wisata yang sering dissntuh orang. Hal itu semua dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Papan himbaun menerapkan Prokes dan untuk mengingatkan warga tentang bahaya virus corona juga kita pasang dilokasi wisata. Harapannya agar seluruh wisatawan mau peduli dan waspada tentang adanya pandemi virus corona ini,” tandasnya. (Aris)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − four =

Back to top button