Pemerintahan

Kemenag dan Pemda Salurkan RTLH untuk Korban Bencana Rumah Roboh

BANJARNEGARA, detakjateng – Suasana kesedihan masih menyelimuti Keluarga Sdr. Aya Sutarno akibat rumah yang dihuninya di Desa Danakerta Kecamatan Punggelan terkena musibah ambruk disebabkan hujan lebat dan karena kondisinya yang sudah rapuh. Disela-sela hujan rintik-rintik, sepasang keluarga yang duduk di kursi tua dan sesekali masuk ke kamar yang masih beralaskan tikar dengan atap yang belum tertutup sempurna dikarenakan masih dalam tahap perbaikan.

Hadir serombongan dari Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Banjarnegara, Dr.H. Agus Suryo Suripto, S.Ag, MH, bersama dengan Plt. Kepala Baperlitbang Yusuf Agung Prabowo, SH, M.Si, Camat Punggelan, Kabid DPKPLH, KUA Punggelan, dan Kepala Desa Danakerta beserta Perangkat Desa datang dengan membawa berita suka cita. (11/1).

Kehadiran tersebut, kata Suryo karena membawa amanah dari teman-teman di lingkungan Kemenag Banjarnegara untuk bisa membantu perbaikan rumah warga yang terkena bencana roboh pada beberapa waktu yang lalu.

“Bantuan ini melengkapi beberapa bantuan sebelumnya yang telah datang dari berbagai pihak dan seiring dengan upaya pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Banjarnegara” Ungkap Suryo.

Ia juga menyampaikan bahwa sebagaimana diketahui, Kecamatan Punggelan termasuk satu diantara lima kecamatan di Kabupaten Banjarnegara yang masuk dalam Kategori Kecamatan miskin Ekstrem. Sehingga dengan kondisi tersebut jajaran Kemenag Banjarnegara bersama-sama dengan Pemerintah Derah hadir untuk ikut serta dalam program-program pengentasan kemiskinan ekstrim yang ada di Banjarnegara.

Fokus pengentasan kemiskinan ekstrem sesuai arahan bapak Gubernur Jawa Tengah adalah pada 4 sektor yakni Elektrikasi, Jambanisasi, Sanitasi, dan RTLH. Oleh karena itu semua unsur stakeholder baik Pemerintah dan Non Pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan harus bisa bersama-sama saling mengeroyok melalui berbagai program yang ada dan diutamakan untuk menunjang program dari Gubernur Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah.

Sebagaimana diketahui bahwa Pada hari Sabtu tanggal 25 Desember 2021, sekitar pukul jam 12.50 WIB terjadi musibah rumah roboh. Musibah tersebut menimpa keluarga Aya Sutarno yang beralamat di Desa Danakerta RT 01/4 Dusun Kandangserang, Blok Menganti. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, dikarenakan pemilik rumah sedang tidak berada di dalam rumah.

Sebelum kejadian musibah tersebut, warga masyarakat sekitar telah bermusyawarah untuk membantu merenovasi  rumah bapak Aya Sutarno. Warga sekitar merasa iba terutama dengan kondisi  pemilik rumah tersebut yang juga mengalami keterbelakangan mental. bahkan sebagian bahan matrial berupa Hebel, GRC sudah berada di lokasi. namun belum sempat dibangun, rumah tersebut sudah roboh duluan.

“Harapannya bantuan yang diberikan dari Jajaran Lingkungan Kemenag Kabupaten Banjarnegara bisa untuk diarahkan pada Program RTLH sehingga bisa membawa manfaat dan kesejahteraan masyarakat Banjarnegara,” ungkap Suryo yang didampingi Plt. Kepala Baperlitbang, Yusuf Agung Prabowo. (Muji Pras)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + one =

Back to top button