Pendidikan Dan Budaya

20 Utusan Kwarran Berlaga di Pesta Siaga Kwarcab Banjarnegara

BANJARNEGARA, detakjateng – Perhelatan pesta siaga 2022 digelar di Politeknik Banjarnegara, Kamis (17/3/ 2022). Dengan penerapan protokol kesehatan dan pendampingan ketat dari BPBD dan PMI Banjarnegara, gelaran pesta siaga sebanyak 20 barung putra dan 20 barung putri tergiat perwakilan dari 20 Kwartir Ranting se Banjarnegara.

Drs. Noor Tamami, M.Pd selaku ketua panitia mengatakan, dengan mengangkat motto ‘Sehat, Cerdas, Tanggap, Ceria’ diharapkan sebagai pemicu dan penyemangat adik adik siaga dalam mengikuti perlombaan.

“Sehingga bisa dihasilkan barung yang terbaik dan tergiat yang akan mewakili Kwarcab Banjarnegara di Pesta Siaga tingkat Binwil Banyumas yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 dan 27 Maret 2022, juga di Politeknik Banjarnegara,” katanya.

Adapun Aris Sudaryanto, S.Pd.,M.M selaku Ketua Kwarcab Banjarnegara mengatakan, penyelenggaraan pesta siaga selain mencari juara juga diharapakan bisa menghasilkan aktualisasi pada pembinaan karakter peserta siaga, selain itu dengan prosesi pembukaan secara sederhana dan penuh makna yakni penglepasan burung merpati yang diwakili oleh pemimpin barung dari kwarran Mandiraja, Kalibening, Susukan, dan Punggelan.

“Ini memberikan gambaran bahwa pramuka selalu berani dan tidak putus asa,” lantangnya.

Di tengah kegiatan pesta siaga ada sebuah kegiatan yang positif dan berbeda dengan biasanya semua kontingen mendapatkan 25 bibit jabon dan 25 bibit akasia dari Persemaian Banjarnegara yang bertempat di kampus Politeknik Hal ini dimaksudkan peserta dapat mengadakan kegiatan penghijauan di kwarrannya yang tentunya bisa membentuk karakter anak cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Hasil perlombaan pesta siaga kwarcab Banjarnegara tahun 2022 dihasilkan kejuaraan sebagai berikut tergiat 1 putra barung biru kwarran Banjarnegara, tergiat 2 putra barung biru kwarran Karangkobar, tergiat 3 putra barung hijau kwarran Susukan. Dan untuk tergiat 1 putri barung Kuning kwarran Bawang, tergiat 2 putri barung biru kwarran Karangkobar, tergiat 3 putri barung merah kwarran Banjarmangu, untuk tergiat 1 dan 2 baik putra dan putri berhak mewakili kwarcab Banjarnegara ke tingkat selanjutnya. (Muji P)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =

Back to top button