Berita UtamaEkonomi

Pemkab Purbalingga Terus Upayakan Optimalisasi Bandara Soedirman

PURBALINGGA, detakjateng – Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus mengupayakan untuk optimalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman. Pada dua hari ini, Rabu-Kamis 30-31 Maret 2022, dilaksanakan pertemuan maraton dengan berbagai stakeholder untuk percepatan operasionalisasi bandara.

“Kita terus berupaya agar bandara yang sudah kita perjuangan dengan susah payah segera beroperasi kembali dan memberikan manfaat bagi masyarakat Purbalingga dan sekitarnya,” ujar Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat menerima kunjungan Arifah Mulyani, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bandara Soekarno-Hatta di Ruang Kerja Bupati, Kamis (31/3/2022) sore.

Pada Rabu, Ketua Kadin Bandara telah bertemu dengan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Biro wisata se-Barlingmascakeb dan Pemalang. Sehari kemudian bertemu dengan para pengusaha dan pelaku UMKM potensial ekspor.

Bupati menerima masukan Ketua Kadin Bandara didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Agus Winarno dan Kepala Dinporapar Prayitno yang memberikan laporan.

Terobosan yang dilakukan untuk optimalisasi bandara adalah dengan pemanfaatan sebagai feeder perjalanan Ibadah Umroh, Paket Wisata Khusus dan penerbangan untuk pesawat kargo / angkutan barang.

“Kami melihat potensinya besar sekali Bandara Jenderal Besar Soedirman. Bandara itu bisa mempermudah dan mengefisienkan orang yang akan melakukan ibadah umroh dari wilayah Purbalingga dan sekitarnya,” ujar Arifah Mulyani yang akrab disapa Arin itu.

Kemudian, Bandara Soedirman juga bisa digunakan untuk menerima perjalanan wisata khusus / carter dari dan ke wilayah Purbalingga dan sekitarnya.

Selain itu, Bandara Soedirman juga potensial untuk pesawat kargo / angkutan barang. “Saya sudah difasilitasi Pemkab bertemu dengan pengusaha dan pelaku UMKM potensial ekspor. Mereka membutuhkan kargo dan Bandara Soedirman sangat bisa untuk itu,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Prayitno menambahkan untuk menyambut percepatan operasionalisasi bandara, pihaknya akan mempersiapkan destinasi wisata agar siap menerima wisatawan dengan baik. Lebih lanjut, juga dijalin komunikasi dengan kabupaten tetangga sebab Bandara Soedirman melayani penerbangan dari dan ke wilayah Purbalingga dan sekitarnya. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 14 =

Back to top button