Berita Utama

67 Anggota Pakarta Gelar Buka Bersama

PURBALINGGA, detakjateng – Untuk menjalin tali silaturahmi, sebanyak 67 anggota Paguyuban Kawula Ngayogyakarta di Kabupaten Purbalingga (Pakarta) menggelar buka bersama di Bakmi Jowo 91 Belvos, Purbalingga.

“Sudah menjadi tradisi yang baik dan patut dipertahankan bahwa pada setiap bulan Ramadan, Pakarta menggelar buka bersama. Dan sebagai warga kelahiran Yogyakarta yang merantau di Purbalingga, kami selalu kompak dan saling membantu,” ujar Ketua Pakarta, Soedino, SE yang didampingi Wakil Pakarta, Sunardi di Purbalingga, Kamis (14/4/2022).

Buka bersama Pakarta itu sendiri digelar Selasa (12/4/2022), berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan.

Acara diawali ucapan selamat datang dari tuan rumah Sunardi, dilanjutkan pembacaan sejarah singkat Pakarta oleh sekretaris Pakarta, sambutan ketua Pakarta, tausiah/kultum, buka bersama, musyawarah kegiatan dan sholat maghrib berjamaah.

Sunardi menambahkan, pada bulan Ramadan ini, Pakarta mengumpulkan zakat fitrah dari para anggotanya, yang akan dibagikan kepada yang berhak menerima sebelum perayaan Idul Fitri 1443 H.

“Kami juga merencanakan menggelar Syawalan pada Minggu, 22 Mei 2022 mendatang. Kami berharap keluarga besar Pakarta bisa hadir pada acara Syawalan atau halal bi halal mendatang,” harap Sunardi, yang berdinas di Polres Purbalingga.

Pakarta, lanjut Sunardi,cikal bakal berdirinya pada tahun 1981.Bermula dari rasa persaudaraan para perantau di Purbalingga yang lahir dari Provinsi Yogyakarta (Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Sleman, Kulonprogo dan Gunung Kidul).

“Para anggota Pakarta, beragam profesinya, ada guru, tentara, polisi, pedagang, pengusaha, pegawai Pemda dan sebagainya,” ujar Sunardi.

Selama ini, diakui Sunardi, Pakarta yang memiliki sesanti “Sangkul sinanggkul ing bot repot” banyak berkiprah pada kegiatan sosial. Diantaranya, memberikan bantuan barang dan uang saat gempa bumi dan tsunami Bantul -Yogyakarta tahun 2006, saat bencana alam Gunung Merapi 2010, tanah longsor di Purbalingga tahun 2020, rutin membagikan zakat fitrah setiap bulan Ramadan dan berbagai kegiatan sosial lainnya. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =

Back to top button