Pemerintahan

Jadilah Pemimpin yang Berintegritas -Pesan Plh Bupati pada Pelantikan 135 Pejabat

BANJARNEGARA, detakjateng – Pejabat adalah sosok teladan yang harus punya semangat, dedikasi dan integritas. Demikian pesan Plh Bupati Banjarnegara H.Syamsudin S.Pd M.Pd pada pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrasi dan pejabat fungsional di Pendapa Dipayudha Adigraha, Jumat pagi (1/4/2022).

“Apa yang berjalan pada pagi hari ini harus dijadikan momentum untuk bermuhasabah diri sendiri menghitung dan merenungkan perjalanan kita sebagai aparatur sipil negara. Apakah perjalanan yang selama ini dilakukan
sudah membawa perilaku integritas. Yaitu mencerminkan kesesuaian antara perkataan, perbuatan, dan hati nurani,” kata Syamsudin.

Plh Bupati juga mengajak agar ASN selalu menjaga lisan sehingga tidak ada kata yang rusak, kotor dan tdak membawa manfaat. Perlunya Integritas bagi ASN adalah agar apa yg ada dipikiran dan perbuatan sama dan nyata.

“Mari kita lahirkan manusia-manusia baru, ASN Banjarnegara yang selalu berpikir positif dan menatap masa depan dengan pasti dan penuh harapan,” pesannya.

Ada 135 pejabat di lingkungan Pemkab Banjarnegara yang dilantik pagi itu. Rinciannya : Pejabat pimpinan tinggi pratama/eselon II ada 3, pejabat administrasi eselon III dan IV ada 58 pejabat fungsional 78 orang.

Tiga pimpinan tinggi yang dilantik adalah : Yusuf Agung Prabowo (Kepala Bappeda), Ir Singgih Haryono (Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup), dan Esti Widodo SSTP M.Si (Kepala BKD).

Jabatan camat yang banyak lowong kali ini terisi atas dilantiknya antara lain : Aji Puliluroso SSTP (Camat Batur), Sapto Aji SH M.Si (Camat Wanadadi),
Barijadi Jumpaedo (Camat Banjarnegara),
Gigih Sundoro (Camat Rakit), SS Anggorowati (Camat Banjarmangu),
Waris Puji Rahayu (Camat Purwanegara),
Dampak Firmansyah (Camat Kalibening)
M.Santiaji (Camat Karangkobar),
Sri Wahyuni (Camat Wanayasa),
Sagiyo (Camat Pandanarum) dan
Setiyadi (Camat Pejawaran).

Di lingkungan dinas juga terjadi rotasi antara lain : Endar Setiyoko (Sekcam Wanadadi), jabatan sebelumnya diampu
Heling Suhono (selaku Kabid SD Dindikpora).
Khadik Juntasi (Sekcam Pagedongan), R. Sunarwedi (Kabid Perparkiran), Peny Hariningsih (Sekcam Banjarnegara),
Tony Mayaputra (Kasi Angkutan Jalan Dinhub),
Amrona Solechan (Kasi Sarpras Dinhub), Sugeng Dharmadi (Penilik Ahli Muda Dindikpora), dan lainnya.

Kepala BKD Banjarnegara, Yusuf agung Prabowo SH, M.SI, menambahkan bahwa pelantikan periode ini merupakan rangkaian untuk pengisian beberapa jabatan yang kosong karena purna tugas/pensiun, mutasi, maupun promosi karena kebutuhan Organisasi.

“Setelah menunggu sekian lama sejak pasca penyederhanaan Birokrasi dan penyetaraan jabatan yang merupakan agenda Nasional sesuai amanah Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi kedalam Jabatan Fungional,” jelasnya.

Disebutkan, Pemkab juga akan segera membuka lagi seleksi terbuka untuk beberapa Jabatan yang kosong, serta menyusul rencana rotasi/mutasi di jajaran eselon II sebagai akibat adanya yang personil yang memasuki purna tugas/pensiun, termasuk Mutasi/Promosi jabatan Pengawas Sekolah, Penilik Sekolah, Kepala Sekolah, Guru serta tenaga Kesehatan.

“Terakhir kemarin kami menerima surat dari Mendagri Nomor 800/2237/OTDA tanggal 28 Maret 2022 perihal Tindak Lanjut Proses Penyederhanaan Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, sehingga Bupati/Walikota masih diberi waktu sampai dengan tanggal 30 Mei 2022 untuk bisa mengusulkan penyetaraan jabatan administrasi yang masih belum terbawa kemarin, termasuk pula yang masih belum memiliki kesesuaian antara kualifikasi kompetensi dan unit kerjanya, hal tersebut masih dapat dilakukan penyesuaian kedalam jabatan fungsional sampai dengan tanggal 31 Desember 2022. Sehingga hal ini semata kita lakukan untuk memenuhi kemendesakan akan kebutuhan Sumber daya manusia pada organisasi,” pungkasnya.

Pelantikan dihadiri Sekda Drs Indarto, dan pejabat di lingkungan Pemkab.
Hadir sebagai saksi yakni Tursiman S.Sos (asisten Pemerintahan dan Kesra) dan Teguh Handoko S.Sos (Kepala Badan Kesbangpol). (Mjp) .

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + eleven =

Back to top button