Ekonomi

PDAM Tirta Perwitasari Raih Top BUMD Award ke-4, ini Parameternya

PURWOREJO, detakjateng – Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah kembali meraih penghragaan Top BUMD Award. Penyerahan penghargaan diberikan di Jakarta, Rabu malam (20/4) lalu.

Ada banyak parameter yang dipakai untuk menilai suatu BUMD layak mendapat penghargaan atau tidak. Selain memperoleh predikat Top BUMD, Dirut PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo, juga meraih Top CEO. Sedangkan Bupati Purworejo, Agus Bastian meraih Top Pembina BUMD.
“Alhamdulillah, di tengah keterbatasan kami, PDAM Tirta Perwitasari bisa meningkatkan kinerja sehingga juga naik ke ranking 42 dari 387 PDAM kabupaten/kota yang ada di Indonesia,” kata Hermawan di kantornya, Jumat (22//4/2022).

Ada empat parameter yang dijadikan acuan untuk dapat memperoleh Top BUMD Award. Parameter pertama adalah keuangan harus sehat, penilaian BPK harus WTP (wajar tanpa pengecualian). Kemudian pelayanan bertambah atau tidak, banyak komplain/tidak, kecepatan penanganan komplain serta berapa banyak penambahan slauran baru.

Poin penilaian ketiga adalah operasional, penagihan efektif atau tidak. Kemudian SDM karyawan jumlah karyawan dsn beban kerja efektif atau tidak. Pendidikan karyawan, berapa kali para pegawai mendapat training serta berapa besar anggaran training.

“Untuk keuangan, dewan juri paling banyak ambil dari BPKP kemudian bekerja sama dengan Kementrian PUPR,” kata Hermawan.
Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mendapatkan bantuan peralatan dari Australia. Berdasarkan data yang ada, aset PDAM Tirta Perwitasari tahun 2021 telah mencapai Rp40 M, sedangkan ekuitas lnya sebesar Rp 29, 106 Milyar. (NING)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =

Back to top button