Ekonomi

Performa Dijaga, Kinerja Tetap Prima di Era Pandemi, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo Raih Top BUMD Award 2022 Bintang 4

PURWOREJO, detakjateng-PDAM Tirta Perwitasari Kab Purworejo sukses meraih tiga penghargaan di ajang TOP BUMD Award 2022 Hal ini merupakan penghargaan ke 4 kalinya sejak tahun 2019,2020 dan 2022.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Hermawan Wahyu Utomo, ST, Msi selaku Direktur, dan tak kalah membanggakan Bupati HR Agus Bastian SE MM juga dianugerahi sebagai TOP Pembina BUMD 2022 terkait dukungan dan peran sebagai pembina dalam memajukan Perusahan Umum Air Minum.

Penganugrahan TOP BUMD 2022 Award di selenggarakan oleh Majalah Top Bussines bekerjasama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN) melibatkan tim penilai daerah berbagai akademisi universitas bergengsi. Acara Penghargaan tersebut berlangsung di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta Rabu 20 April 2022.

Peningkatan Kinerja

Peningkatan kinerja Perumda Air Minum Tirta Perwitasari sangat terlihat kemajuan dan pergerakan dalam hal prestasi dan pelayanan kebutuhan air bersih, dalam beberapa tahun, penambahan areal wilayah terus bertambah. Dari sebelumnya hanya 6 Kecamatan (Purworejo, Kutoarjo, Banyuurip, Purwodadi, Bener dan Loano), sekarang sudah mencapai 10 Kecamatan. Penambahan wilayah Kecamatan meliputi Kec. Pituruh, Kemiri, Butuh dan Bayan.

Penambahan pelanggan juga naik dari 18 000 pelanggan, saat ini hampir mencapai 28.000 pelanggan. Dari penilaian Kinerja BPKP PDAM Purworejo termasuk dalam kategori Perusahaan Sehat dengan penilaian 3,55 dalam skala 4. Dengan nilai tersebut, PDAM Tirta Perwitasari masuk peringkat 42 besar Nasional dari 387 PDAM Kota/Kabupaten se-Indonesia dan Rangking 8 Besar PDAM terbaik se Jawa Tengah.

Dari penilaian kinerja tingkat nasional yang dikeluarkan BPKP dan Kementrian PUPR juga meningkat pada tahun 2017 peringkat 106, tahun 2018 naik menjadi 61, kemudian 2019 naik rangking 58, pada tahun 2020 menduduki ranking 42, dari 387 PDAM seluruh Indonesia.

Hal ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi yang tinggi dari karyawan dan karyawati dibawah komando Direktur PDAM Hermawan Wahyu Utomo ST,Msi. “Kami sangat komitmen akan tugas dan tanggung jawab Perumda Tirta Perwitasari dalam hal pelayanan air bersih di seluruh wilayah Purworejo” papar HWU panggilan dari direktur PDAM ke awak media.

Dengan komitmen tersebut PDAM Purworejo akan berusaha keras untuk melayani pelayanan air bersih dengan prinsip 4 K, yaitu Kuantitas yang cukup, Kualitas yang baik, Kontinyuitas atas Kelancaran air dan Keterjangkuan yaitu harga yang terjangkau baik pemasangan maupun harga air. Untuk memberikan stimulan saat ini biaya pemasangan bisa dicicil sampai dengan 10x.

Strategi Pemasaran
Dilain hal untuk mempercepat penyerapan pelayanan dalam waktu dekat akan diadakan paket murah pemasangan PDAM meliputi wilayah Pituruh, Kemiri, Kutoarjo dan Purworejo.

“Hal ini selain membanggakan warga Purworejo juga akan menambah semangat dan motivasi bagi Karyawan dan karyawati Perumda Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo, supaya tidak lelah meningkatkan kinerjanya” ujarnya.

“Dalam menghadapi musim kemarau dipertengahan April- Oktober sumber-sumber air sudah disiapkan sehingga apabila ada penurunan debit di mata air, sudah diantisipasi yaitu dengan pembuatan beberapa reservoir di Kantor Cab. Bener dengan vol. 50 m3 dan di pengolahan Bendung Boro sebesar 100 m3. Selain itu juga diadakan pembersihan dengan menggunakan kompressor bertekanan tinggi sumur – sumur PDAM sehingga debit diaharapkan bisa maksimal” keterangan direktur PDAM Kabupaten Purworejo mengakhiri pertemuan dengan media. (ADS)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 6 =

Back to top button