Kesehatan

Kader Kesehatan Desa Kalikajar Ikuti Rakor di Hutan

PURBALINGGA, detakjateng – Para kader kesehatan di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Senin (13/6) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) di Hutan Wisata Limpakuwus, Baturaden, Banyumas. Rakor yang dikemas dengan acara refreshing dihadiri Kepala Puskesmas Kalikajar Waryanto, S.Kep, Ners, Kepala Desa (Kades) Kalikajar Ayatno, dan Bidan Desa Kalikajar Eva Natalia, A.Md Keb.

Dalam Rakor itu diisi materi tentang kesehatan oleh dr Novita Winda dan drg Sulistiawati. Kegiatan semakin menarik setelah diadakan fun game dan lomba yel-yel antar Posyandu.

Bidan Eva Natalia yang menjadi penggagas kegiatan tersebut mengajak kepada para kader kesehatan untuk terus bersinergi, dengan semua pihak dan menjaga kekompakan. “Kader kesehatan di desa menjadi ujung tombak dalam pelayanan kesehatan, oleh karenanya dengan terus bersinergi dan kompak, maka kita akan optimis mewujudkan masyarakat desa, khususnya Kalikajar yang sehat jasmani dan rohani,” kata Eva Natalia.

Eva juga menyampaikan terima kasih kepada semua kader kesehatan di wilayah Desa Kalikajar   yang telah bersama-sama bersinergi dengan pemerintah dalam rangka meningkatakan derajat kesehatan.  “Para kader kesehatan adalah garda terdepan dan ujung tombak suksesnya program kesehatan. Pejuang kesehatan bukan hanya para dokter, perawat ataupun tenaga pendamping (naping) saja, tetapi para kader kesehatan ini juga merupakan pejuang-pejuang kesehatan.

“Melalui kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan kebersamaan dan totalitas jajaran kader kesehatan dalam rangka mensukseskan berbagai program kesehatan yang ada. Seperti penanganan stunting dan peningkatan angka harapan hidup melalui gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas,” kata bidan yang berwajah cantik ini.  

Kepala Puskesmas Kalikajar Waryanto menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Rakor yang dikemas dengan acara refreshing. Rakor ini, kata Waryanto, sekaligus sebagai upaya evaluasi dan menentukan langkah-langkah ke depan untuk ikut mewujudkan masyarakat desa yang sehat, apalagi pasca pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Puskesmas Kalikajar terus berupaya mendorong pembinaan kader kesehatan desa, baik melalui peningkatan pengetahuan kesehatan, wawasan dan juga ketrampilan. “Sehingga diharapkan para kader kesehatan bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” ungkap Waryanto. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 3 =

Back to top button