Berita Utama

PMR Wira SMAN Bobotsari Sabet Juara 1 Lomba Fotografi Hari Donor Darah

PURBALINGGA, detakjateng – Palang merah remaja (PMR) SMAN Bobotsari mendapatkan juara 1 lomba fotografi pada kegiatan memperingati hari donor darah sedunia pada 14 Juni 2022 katagori kelompok. Kemudian untuk juara individu didapat oleh Azhar Annas Wahyudianto berasal dari Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Unit Donor Darah (UDD) Purbalingga dr. Mey Dian Intan Sari , Kamis, (16/6/2022).

Dr Mey  mengatakan untuk juara 2 katagori kelompok didapat oleh PT. Mitra Karya Tri Utama. Kemudian untuk katagori like terbanyak perorenagn didapat oleh Tusmono dari desa Onje Kecamatan Mrebet.

“ Untuk Juara like terbanyak kelompok berasal dari SMAN 1 Kalogondang. Lomba fotografi Instagram ini diikuti sebanyak 20 peserta,” tambahnya.

dr.Mey menambahkan tujuan digelarnya lomba tersebut guna memperingati hari donor darah sedunia. Selain itu juga untuk memperkenalkan kepada generasi milenial untuk kegiatan donor darah, dikarenakan pendonor darah di kalangan anak muda di Purbalingga tergolong cukup rendah.

Rutin donor darah menurtut dr Mey sangat bermanfaat selain bagi penerima donor juga bagi pemberi donor. Salah satu manfaatnya bisa mendaptkan pengecekan kesehatan secara rutin, seperti pengecekan tensi, HB, hepatitis A dan B, dan HIV. Kemudian juga dapat mengetahui golongan darah.

“ Donor darah juga mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, meningkatkan produksi darah, membantu penurunan berat badan dan mendapatkan kesehatan psikologis,” ujarnya.

Selain mengelar lomba fotografi, untuk mengenalkan donor darah di kalangan milenial, UDD Purbalingga juga mengadakan sosialisasi dan donor darah di beberapa SMA/SMK dan MA di Purbalingga. “ Dan Alhamdulillah para generasi milenial sangat antusias dengan kegiatan yang digelar UDD Purbalingga,” pungkasnya (*)  

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 11 =

Back to top button