Pemerintahan

Tinjau Rehab RTLH di Desa Cendana, Wagub Ngobrol Santai dengan Mbah Rasih

PURBALINGGA, detakjateng – Suasana kehangatan muncul saat Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, berkunjung ke rumah Nini Rasih, salah satu warga penerima bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Kamis (23/6/2022).

Obrolan ringan berbahasa Ngapak dibalut dengan candaan, terus mengalir selama Gus Yasin, sapaannya, meninjau hasil renovasi di rumah Nini Rasih. Kepada pemilik rumah, dia meminta agar rumah yang sudah direnovasi tersebut dapat terus dijaga.

Matur nuwun, saya sudah diterima di sini, yang sehat, rumahnya dijaga, ya,” pesan Gus Yasin kepada Nini Rasih.

Mendapat pesan dari wagub, Nini Rasih mengaku siap merawat rumahnya. Dia menyebutkan kalau proses renovasi dilakukan oleh keluarga dan warga sekitar.

Rasih yang merasa senang dapat duduk bersandingan dengan wagub, mengutarakan rasa gembira dan terima kasihnya. Dia juga mendoakan Gus Yasin agar senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.

Nggih amin. Saya pun sebaliknya (juga berterima kasih). Kalau saya ada kesalahan sengaja maupun tidak saya mohon maaf. Saya berterima kasih sekali. Saya doakan bapak sehat terus awet kerjanya, tidak ada yang menggoda,” kata dia.

Usai peninjauan, Gus Yasin mengatakan, renovasi RTLH merupakan bagian realisasi program Pemprov Jawa Tengah. Melalui program Satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Satu Desa Dampingan, pemerintah akan terus berupaya menanggulangi kemiskinan di Jawa Tengah.

Dikatakan, penanggulangan kemiskinan di Jawa Tengah tidak dapat dikerjakan sendiri. Oleh karenanya, berbagai pihak diajak untuk saling bahu membahu mengatasi masalah tersebut.

“Kami diminta oleh pemerintah pusat pada tahun 2021 untuk pengentasan kemiskinan ekstrem di Jateng. Memang kami kalau bekerja sendiri tidak mungkin, jadi kami merangkul banyak pihak, termasuk Bupati Purbalingga, Baznas, dan lainnya,” tambahnya.

Menambahkan, Nini Rasih mengaku sangat bahagia mendapatkan bantuan RTLH dari pemerintah. Dia tidak menyangka rumah yang dulu kondisinya hampir rubuh itu, sekarang sudah berdiri tegak lagi.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah. Dulu rumah saya ini hampir rubuh, sekarang bisa berdiri lagi,” ungkap dia. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =

Back to top button