Wisata Dan Kuliner

Dinporapar Purbalingga Jalin Kerjasama Pengelolaan Pondok Pemuda Pendakian Gunung Slamet dengan Pokdarwis

PURBALINGGA, detakjateng – Pondok Pemuda pos pendakian Gunung Slamet yang ada di Dusun Bambangan, Kutabawa, Karangreja akhirnya aktif kembali. Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) melakukan kerjasama dengan Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Abyudaya Kutabawa untuk mengelola tempat yang dahulu merupakan Basecamp Pendakian Gunung Slamet itu.

Kepala Dinporapar Purbalingga (baju putih) menyerahkan SK kerjasama pengelolaan kepada Ketua Pokdarwis Abyudaya, Desa Kutabawa, Kec. Karangreja

“Hari ini kami menyerahkan perjanjian kerjasamanya. Semoga Pondok Pemuda bisa kembali menjadi salah satu daya tarik wisata di Purbalingga, ” ujar Kepala Dinporapar Ir Prayitno, M.Si  didampingi Kabid Pariwisata Gunanto Eko Saputro, S.Hut, M.Si pada acara Ngopi Bareng dan Sarasehan di Pondok Pemuda Bambangan, Desa Kutabawa, Karangreja, Jumat (15/7/2022).

Prayitno berharap Pokdarwis Abyudaya bisa optimal mengelola Pondok Pemuda tersebut. “Dusun Bambangan adalah basecamp pendakian utama ke Gunung Slamet. Silahkan berkreasi, bisa untuk homestay, cafe atau tempat singgah para pendaki,” ujarnya.

Sementara itu, Siswo, Ketua Pokdarwis Abyudaya menyatakan siap mengelola Pondok Pemuda. “Kami mohon kerjasamanya para pelaku wisata agar Pondok Pemuda kembali dikenal,” ujarnya.

Kepala Desa Kutabawa Budiyono mendukung penuh Pokdarwis Abyudaya. “Desa akan bersinergi dengan Pokdarwis untuk mengembangkan Kutabawa menjadi Desa Wisata di Purbalingga,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf kepada Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja (100 besar) dan Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol (500 besar).

Penyerahan plakat Anugerah Desa Wisata (ADWI) dari Kementerian Pariwisata & Ekraf RI

Kemudian, diserahkan juga SK Forum Komunikasi Desa Wisata dan Pokdarwis kepada kepengurusan periode 2022-2026.

Penyerahan SK Forum Komunikasi Desa Wisata dan SK FK Pokdarwis

Acara kemudian dilanjutkan bincang-bincang untuk optimalisasi Pondok Pemuda dan wisata pendakian Gunung Slamet dengan pegiat wisata seperti, Tourism Information center (TIC), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), My Trip My Adventure (MTMA), FK Pokdarwis / Deswita dan Komunitas Pecinta Alam Purbalingga.

Semoga Pondok Pemuda Bambangan bisa menjadi salah satu spot wisata di Purbalingga dan terjadi kolaborasi antar stakeholder pariwisata untuk Purbalingga semakin memikat. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − 5 =

Back to top button