Pendidikan Dan Budaya

Peringati HUT ke-75, SD Pius Lakukan Pertobatan Ekologi

PURWOREJO, detakjateng – Untuk menanamkan rasa cinta alam sejak dini, murid-murid SD Pius Bhakti Utama diajak untuk menebar benih ikan di sungai dekat sekolah mereka. Kegiatan cinta alam itu disebut sebagai pertobatan ekologi.

Acara tersebut merupakan rangkaian dalam rangka hari ulang tahun yang ke-75 SD Pius Bhakti Utama tanggal 1 Agustus mendatang.

Rangkaian kegiatan diawali dengan jalan sehat dan bazar mini untuk umum.. Kegiatan tersebut diadakan Minggu (24/7/2022), jalan santai start di halaman sekolah yang berada di Jalan Marditomo nomor 29, Kelurahan/Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo.

Untuk ikut memelihara kelestarian alam, para peserta jalan santai juga menebar ribuan bibit ikan di sungai yang berada di sebelah utara Pasar Kutoarjo. Sebanyak 5.000 ekor bibit ikan dilepaskan di sungai.

“Pertobatan ekologi ini diambil dari salah satu Siinode Keuskupan Purwokerto..Tujuannya agar membentuk karakter anak supaya cinta lingkungan. Cinta alam juga sesuai dengan 8 keutamaan Ibu Seraphine, pendiri Susteran Amal Kasih Darah Mulia (ADM). Karena keutamaan Beliau, maka di sekolah kami ada satu mapel yaitu Keseraphinan yang antara lain mengajarkan peduli.lingkungan,” jelas Kepala Sekolah SD Pius, Catharina Rosarianti.

Sekolah-sekolah Pius Bhakti Utama berada di bawah Yayasan Pendidikan Seraphine Bhakti Utama yang dikelola oleh Susteran ADM. Sekolah ini dulunya adalah sekolahnkhusus Tionghoa, namun sejak 1946 resmi menjadi sekolah Indonesia.

“Dulunya sebelum.menjadi Yayasan Pendidikan Seraphine, adalah sekolah kaum Tionghoa. Kemudian karena kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang sama, menjadi Yayasan Seraphine yang kini memiliki sekolah dari KB, TK, SD, SMP dan SMA,” tambah Kepala Yayasan, Suster Elizabeth Sri Widayanti, ADM.

Acara puncak peringatan HUT SD Pius digelar tanggal 1 Agustus yang akan didahului dengan misa syukur selanjutnya digelar pesta seni dan ramah tamah. (NING)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − two =

Back to top button