Olahraga

Siswi SMPN 3 Purbalingga Raih 4 Emas KRAP Prov Jateng

PURBALINGGA, detakjateng – Anindya Zahra Okta Rahmadani, siswi Kelas 8F SMP Negeri 3 Purbalingga berhasil menyabet 4 emas dan 2 perunggu, pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (KRAP Prov) Jateng Piala Ke IV Bupati Jepara Tahun 2022. Ajang itu diikuti 732 perenang dari 70 klub se-Jawa-Tengah, berlangsung selama tiga hari, 1 – 3 Juli di kolam renang Jepara Olympic Pool kompleks Stadion Gelora Bumi Kartini.

KRAP Prov Jateng 2022 merupakan wadah pembinaan sekaligus peningkatan prestasi atlat renang. Kegiatan ini masuk ke dalam kalender PRSI Jateng, sebagai ajang kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2023 mendatang. Sehingga pencapaian catatan waktu para atlet peserta bakal diakumulasikan untuk Porprov yang akan digelar September atau Oktober 2023 mendatang, bertempat di Jepara juga.

Dwi Bangun Ari Bawono, pelatih renang Zahra–panggilan aktrab Anindya Zahra Okta Rahmadani– yang dibubungi Senin (4/7) mengemukakan, empat medali emas itu diperoleh Zahra pada 100 meter gaya bebas dengan catatan waktu 1.03.85; 200 meter gaya bebas (1.18.09); 800 meter gaya bebas (10.12,08) dan 400 meter gaya bebas dengan catatan waktu 4.53,70. Sedangkan 2 medali perak diraih Zahra dari 1500 meter gaya bebas (19.59,90) dan 50 meter gaya bebas dengan catan waktu 30,35 detik.

“Khusus raihan medali emas pada 200 meter gaya bebas, Zahra berhasil memecahkan rekor atas nama perenang Ermi dari Purbalingga, yang dipegang sejak tahun 2009. Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi Zahra,” ujar Dwi Bangun Ari Bawono dari klub renang Dezander SC Purbalingga.

Selama ini, lanjut Dwi Bangun, Zahra selalu rutin dan disiplin dalam berlatih. Zahra berlatih renang di kolam renang Tirto Asri Walik,kolam renang Ciblon Bobotsari, dan sesekali di Kolam Renang Owabong. Frekuensi latihan, seminggu enam kali.

“Termasuk menjelang pertandingan pun, frekuensi latihan tetap seminggu enam kali,” ujar Dwi Bangun.

Dengan raihan prestasi di Jepara ini, menambah koleksi prestasi Zahra. Sebelumnya, juara 1 Popda Jawa tengah Tahun 2019, juara umum 2 Olimpiade Olah Raga Suswa Nasional (02SN) Jawa tengah dengan Raihan 2 medali emas dan 1 perak, juara 1 Pekan Olah Raga Wilayah Kedu Pekalongan dan Banyumas (Porwil Dulongmas pada 200 meter gaya bebas, dan bulan Maret 2022 lalu meraih juara 1 nasional 100 meter gaya bebas pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (KRAP) di Magelang.

Di Magelang itu pula, Zahra meraih juara 2 nasional gaya 50 meter gaya bebas.

Kepala SMP Negeri 3 Purbalingga, Subarno, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Zahra, pelatih dan pembina renang yang telah mengharumkan nama sekolah pada khususnya, dan Kabupaten Purbalingga serta Provinsi Jawa-Tengah pada umumnya.

“Ini prestasi yang layak dibanggakan. Dan kami akan terus menggenjot prestasi-prestasi lainnya, baik akademik maupun nonakademik di SMPN 3 Purbalingga,” tekad Subarno. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + three =

Back to top button