Wisata Dan Kuliner

Jelang Sedekah Laut, Desa Rowo Adakan Lomba Dayung

KEBUMEN, detakjateng-Setelah dua tahun tak.dilaksanakan karena pandemi Covid-19, tahun ini Lomba Dayung Rowo Suran Festival kembali digelar. Ratusan warga tumpah ruah di bantaran Sungai Mawar untuk menyaksikan lomba yang berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (7/8/2022).

Lomba ini merupakan even tahunan jelang sedekah laut di Bulan Sura (Muharram) dan menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI. Acara ini juga digelar dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Kebumen ke-339 yang diperingati tanggal 31 Agustus.

Lomba dayung diikuti oleh 33 peserta terdiri dari nelayan dan warga. Peserta yang datang tak hanya dari sekitar desa tapi juga ada yang datang dari kabupaten tetangga, Purworejo.

Masing-masing peserta menggunakan perahu kayu yang dinaiki oleh dua orang. Mereka diharuskan menempuh jarak sekitar 100 meter yang dibuat berkelok dan memutar.

“Lomba dayung Rowo Suran Festival diikiuti oleh 33 peserta. Enam tim dari Kabupaten Purworejo, lainnya dari Kabupaten Kebumen. Alhamdulillah, antusiasme warga tahun ini lyar hiasa, apalagi Bupati Kebumen (Arif Sugiyanto) kemrun berkesempatan hadir membuka acara,” kata Kades Rowo, Samsino, Minggu (7/8/2022).

Ia melanjutkan, sejumlah nelayan peserta lomba dari Kabupaten Purworejo memang selalu turut ambil bagian. “Untuk mempererat tali silaturahmi himpunan nelayan Purworejo-Kebumen, berkontribusi bersama. Kami berharap agar lomba ini tak hanya menjadi even rutinitas tahunan. Tapi bisa menjadi potensi wisata air Desa Rowo,” harap Samsino.

Sementara itu, salah satu peserta dari Kabupaten Purworejo, Sumino mengatakan bahwa, ia telah mempersiapkan diri untuk ikut lomba. “Kalau persiapannya biasa biasa saja, (ikut komba) untuk meramaikan. Kendalanya kurang berlatih dimakan umur, tidak mampu seperti yng muda muda. Ini tadi bisa lebih dulu karena beruntung. Semoga (lomba dayung) bisa menular (ditiru) warga Purworejo,” kata Sumino.

Peserta menyediakan hadiah uang tunai total jutaan rupiah, piala dan piagan dalam ini. Acara ini juga dimanfaatkan oleh warga untum bersilaturahmi. (NING)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − eight =

Back to top button