Hukum, Kriminal Dan Militer

LBH RJB Siap Bantu Warga Hadapi Mafia Tanah

PURWOKERTO,, detakjateng.co.id – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Relawan Jokowi Bersatu (RBJ) siap membantu masyarakat yang mempunyai masalah sengketa tanah. Hal ini dilakukan karena selama ini banyak warga yang dirugikan akibat praktek – praktek mafia tanah.

” Kita berikan bantuan kepada warga semata-mata tidak mencari keuntungan finansial, tetapi membantu warga yang terdzolimi akibat mafia tanah,” ujar Koordinator Daerah LBH RJB Banyumas, Wuri Wirawan, SH, Rabu (10/08).
Menurut Wuri, banyak laporan dari masyarakat yang dirugikan akibat praktek mafia tanah. Hal ini terjadi banyak faktor, antara lain terkait soal utang piutang. Warga biasanya mengetahui tanah miliknya sudah dikuasai orang lain. Mereka kemudian mengajukan gugatan, namun banyak yang gagal.

” Karena itu, silahkan lapor ke LBH RJB bagi masyarakat yang merasa terdzolimi. Kami akan membantu semaksimal mungkin. Datang saja ke kantor kami di Kober, Purwokerto,” tambah Wuri.
Pria yang sudah banyak menangani kasus sengketa tanah ini menjelaskan, LBH RJB baru saja berhasil memenangkan gugatan sengketa tanah di Wangon. Keputusan Mahkamah Agung sudah inkrah dan dimenangkan tergugat.
Di Wangon ada tiga kasus mafia tanah yang sedang ditangani dan satu diantaranya berhasil. Dua kasus lainnya kini masih dalam proses gugatan.

” Alhamdulilah, kami berhasil membantu sampai selesai. Ada sekitar 20 hektaran tanah bermasalah di Wangon, satu diantaranya sudah inkrah. Kita baru saja melakukan pematokan,” ujarnya.
Joni (38) seorang warga Desa Kalipetung Kecamatan Wangon, Banyumas yang telah dibantu LBH RBJ mengaku bersyukur, sawah milik almarhum ayahnya kini sudah kembali ke ahli waris.
Tanah berupa sawah yang berada di Desa Klapagading Kulon Kecamatan Wangon sebelumnya menjadi sengketa karena masalah utang piutang.

* Berkat bantuan LBH RJB, akhirnya sawah ini sudah kembali kepada kami, ahli warisnya. Kami dibantu LBH RJB tanpa pamrih hingga selesai dan pada tanggal 8 Agustus kemarin. Terimakasih sekali kepada LBH RJB,”  ujar Joni.
LBH RJB yang merupakan cabang Banyumas ini berkantor di Jalan KS Tubun Kober Purwokerto (nan)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =

Back to top button