Ekonomi

Ribuan Orang Rebutan Gunungan Produk UMKM

PURWOREJO, detakjateng – Ribuan orang memadati area wisata Pantai Jetis, Desa Patut Rejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Selain berwisata, mereka juga ikut berebut gunungan berisi produk UMKM seperti makanan kecil, batik dan taplak meja.

Grebeg gunungan UMKM itu merupakan rangkaian acara Hari Nasional (Harnas) UMKM ke-8 yang digelar di Obwis Pantai Jetis, Sabtu (13/08/2022). Harnas UMKM diperingati setiap tanggal 12 Agustus yang dijadikan sebagai hari lahir UMKM. Tema lokal yang diambil dalam Harnas UMKM tahun ini adalah, healing dan matching.

“Hari ini kita memperingatai hari UMKM ke-8 dengan agenda ada beberapa kegiatan, yaitu grebeg gunungan, bussiness matching, lomba tumpeng serta penampilan Tari Canting, Gejok Lesung dan Ndolalak. Sudah dua tahun sejak pandemi acara ini terhenti, tahun ini dimulai lagi,” kata Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto.

Gathot menambahkan, ada 1.200 UMKM yang terlibat dalam kegiatan hari ini. Sedangkan gunungan UMKM dibuat dari 427 produk yang diperebutkan pemgunjung Pantai Jetis.

Sebelum diperebutkan, dua buah gunungan, satu lnya berisi hasil pertanian, diarak dari Kantor Desa Patutrejo yang berjarak kurang lebih 1,5 KM dari pantai. Setelah sampai di depan tugu Pantai Jetis, gumungan diserahkan kepada Kepala Dinas KUKMP yang mewakili Bupati Agus Bastian. Setelah itu, baru diperebutkan oleh ribuan warga yang telah memadati area. Tak sampai 5 menit, dua gunungan tersebut ludes diambil pengunjung.

Salah satu pengunjung Pantai Jetis, Siti Rohyani mengaku sangat senang saat berhasil berebut dengan ribuan pengunjung lain. Warga Desa Argopeni, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo itu datang bersama keluarga dan rekan-rekannya yang tergabung dalam Paguyuban Cah Purworejo Perantauan (CPP) Yogyakarta memang ingin melihat grebeg gunungan UMKM itu.

“Tadi rebutan gunungan (UMKM) dapat taplak meja, keripik kentang, timun dan makaroni. Senang banget bisa ikut ramai-ramai. Inginnya sih acara seperti ini diadakan setiap tahun, membuat masyarakat terhibur, heboh dan ramai. Semoga UMKM Purworejo semakin sukses dan berkembang,” harap Siti. (NING)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − seven =

Back to top button