Pendidikan Dan Budaya

Rohyan dan Tania Juara Lomba Bercerita Bahasa Jawa Ngapak

PURBALINGGA, detakjateng – Untuk melestarikan Bahasa Jawa dialek Banyumasan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga selama dua hari, Senin-Selasa (15-16/8/2022) menggelar lomba story telling (bercerita) Bahasa Jawa Ngapak Banyumasan, di ruang Layanan Perpustakaan lantai 2 Dinarpus Purbalingga.Lomba yang digelar dalam rangka menyemarkkan HUT ke 77 Kemerdekaan RI ini diperuntukkan bagi siswa SD/MI se-Kabupaten Purbalingga.

Para juara kategori putri berfoto bersama panitia dan dewan juri.

Untuk hari pertama, Senin (15/8) khusus bagi siswa putra, diikuti 17 peserta, dengan juara pertama diraih Muhammad Rohyan Alhuda dari SD Negeri 1 Majasem, Kecamatan Kemangkon. Sedangkan pada hari kedua, Selasa (16/8), diikuti 21 peserta putri, dengan juara pertama Tania Dwi Irawati dari SD Negeri 1 Mipiran, Kecamatan Padamara.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpus Purbalingga, Joko Supriadi, M.Pd mengemukakan, lomba ini selain untuk melestarikan Bahasa Jawa dialek Ngapak Banyumasan, juga untuk menumbuhkan budaya gemar membaca kepada anak-anak SD/MI.

Para juara kategori putri berfoto bersama guru pendampingnya.

“Dalam lomba ini, ada tiga cerita yang diambil dari cerita muatan lokal yang ada di Purbalingga, yakni Babad Wirasaba, Putri Ayu Limbasari dan Babad Cahyana. Peserta yang tampil memilih salah satu, dengan waktu penampilan maksimal 10 menit,” ujarnya.

Dewan juri yang menilai dalam lomba itu, terdiri Drs. Prasetiyo, guru Bahasa Jawa senior SMP Negeri 3 Purbalingga, Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP Kabupaten Purbalingga Arif Restiyadi, S.Pd, dan sastrawan/pemain teater Abimanyu Harsadosastra, SS. Aspek yang dinilai, terdiri penampilan, cara bercerita, penguasaan materi dan kemampuan/skill bercerita.

Adapun juara selengkapnya sebagai berikut. Kategori putra, juara 1 Muhammad Rohyan Alhuda dari SD Negeri 1 Majasem,juara 2 M Saefudin Akbar (SD Negeri 1 Karangpule, Kecamatan Padamara), dan juara 3 Saputra Achdi Saputra (SD Negeri 2 Bobotsari).

Dua peserta yang meraih juara dari MI berfoto bersama pendampingnya.

Kemudian juara harapan 1 Hasyaldian Lazuarby (SD Negeri Toyareja, Kecamatan Purbalingga), juara harapan 2 Ibrahim Nuril Assyauki (SD Negeri 1 Karanganyar Kecamatan Karanganyar) dan juara harapan 3 Kevin Maya Arkan (MI Muhammadiyah Banjaran, Kecamatan Bojongsari).

Pada kategori putri, juara 1 Tania Dwi Irawati dari SD Negeri 1 Mipiran, Kecamatan Padamara, juara 2 Asifah Faradhita Zahra (SD Negeri 1 Kedungwuluh, Kecamatan Kalimanah), dan juara 3 Khalista Rizky Ananda (SD Negeri 2 Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja).

Kemudian juara harapan 1 Nadhifa Arsyila Rahmadhani (SD Negeri 1 Karangasem, Kecamatan Kertanegara), juara harapan 2 Keysha Putri Tinandar (MI Al Islam Majasem, Kecamatan Kemangkon), dan juara harapan 3 Salsabila Aqila Nadiva dari Mi Muhammadiyah 2 Babakan, Kecamatan Kalimanah. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =

Back to top button