Pendidikan Dan Budaya

Tujuh Kegiatan Semarakkan HUT ke 19 SMAN 1 Karangreja

PURBALINGGA, detakjateng – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan RI dan HUT ke 19 SMA Negeri 1 Karangreja (Smansaka) Purbalingga, sekolah yang berada di kaki Gunung Slamet ini menggelar tujuh kegiatan. Selama sepekan, 13-19 Agustus 2022, kepala sekolah, jajaran dewan guru serta karyawan dan peserta didik kelas X, XI dan XII terlibat dalam berbagai kegiatan itu.

.Kepala SMA Negeri 1 Karangreja Dra Esti Nurhidayati, MM menanam pohon ketapang kencana di kawasan Curug Karang Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

“Melalui tujuh kegiatan yang kami gelar, SMAN 1 Karangreja bertekad pada pelestarian alam dan peduli kepada sesama,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Karangreja Dra Esti Nurhidayati, MM kepada detakjateng.co.id di SMAN 1 Karangreja, Selasa (16/8/2022).

Adapun tujuh kegiatan yang digelar itu, pertama, penanaman pohon di kawasan Curug Karang Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Purbalingga pada hari Sabtu-Minggu (13-14/8). Ada 430 bibit pohon yang ditanam ,terdiri ketapang kencana. beringin, karet, trembesi, pucuk merah, manggis dan aneka jenis pohon buah-buahan.

Panitia bakti sosial HUT ke 19 SMAN 1 Karangareja menyiapkan paket bantuan untuk anak yatim piatu.

Kegiatan penanaman pohon ini, sekaligus memperingati HUT ke 4 Kompas (Komunitas Pecinta Alam Smansaka) dan mendukung program Gerakan Penanaman Pohon dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional dengan mengusung tema “Save The Earth, Let’s Conserve” (Selamatkan Bumi, Mari Berhemat).

Menurut Esti Nurhidayati, maksud dari kegiatan penanaman pohon ini untuk mendorong masyarakat senang menanam pohon, sehingga akan terwujud alam yang lestari. Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan banyak pihak, seperti Koramil, Polsek, Pramuka, komunitas pecinta alam, Dinas Lingkungan Hidup,RAPI dan Pemerintah Desa Tanalum.

“Saatnya sekolah harus bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak,” ujar Esti Nurhidayati.

Di sela-sela kegiatan, ada juga sarasehan di Balai Desa Tanalum, menghadirkan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga, Gunanto Eko Saputro, S.Hut, M.Si yang juga Ketua Ekspedisi Sisik Naga.

Kegiatan kedua, HUT ke 61 Pramuka dan bersih lingkungan sekitar sekolah pada hari Minggu (14/8). Ketiga, donor darah pada hari Selasa (16/8). Keempat, lomba-lomba yang digelar selama lima hari, Senin – Kamis (15-19/8). Kelima, upacara HUT ke 77 RI di halaman sekolah pada hari Rabu (17/8). Keenam, pada hari Kamis (18/8) digelar bakti sosial dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu di Dukuh Grumbyang Dusun 2 Desa Karangreja, Kecamatan Karangreja.

Puncak acara atau kegiatan ketujuh pada hari Jumat (19/8) diadakan acara tasyakuran dan temu alumni. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 9 =

Back to top button