Wisata Dan Kuliner

DCF 2022 Resmi Dibuka

DIENG, BANJARNEGARA- Gelaran Dieng Culture festival (DCF) tahun 2022 resmi dibuka oleh Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, Jumat siang (2/9/2022) di lapangan Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara.

Seremoni ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Bupati, didampingi oleh Direktur Event Daerah Kemenparekraf, Reza Pahlevi, Perwakilan BI Purwokerto, Mursidi, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto.

Sebelumnya ditampilkan Sendratari Anak gimbal dari Sanggar Tiara dan Tari “Ngrengga Wewadi” oleh sanggar Mahera.

Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Pahlevi, mengatakan, bahwa DCF sudah masuk menjadi 110 even nusantara yang sudah diakui secara nasional.

Gelaran DCF, katanya, mampu memberdayakan masyarakat sebagai ruang kreatif yang di dalamnya ada nilai ekonomi, pelestarian budaya dan nilai-nilai positif lainnya.

“Kita lihat bersama sudah sejak 2010 sampai hari ini, DCF berhasil dilaksanakan secara konsisten dan menjadi magnet untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan dataran tinggi Dieng ini,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengatakan bahwa gelaran DCF dengan puncak acaranya prosesi pemotongan rambut gimbal adalah event yang luar biasa dan ini menjadi magnet bagi para wisatawan. Pemkab Banjarnegara menyambut gembira karena pada tahun ini DCF bisa dilaksanakan secara langsung.

“Semoga DCF bisa go internasional, yang tentu akan mendukung pembangunan pariwisata dan pemulihan ekonomi serta bisa meningkatkan pendapatan bagi warga masyarakat dan pelaku wisata,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga diserhakan kode QR untuk obyek wisata di kawasan Dieng, antara lain : Candi Arjuna, Museum Kailasa, dan
Kawah Sikidang. Kode QR diserahkan BI Purwokerto kepada Pj Bupati dan Kepala Disparbud Banjarnegara serta Paguyuban Homestay Syariah. Usai pembukaan Pj Bupati dan rombomgam meninjau stand UMKM.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Alif Faozi, menambahkan,
Setelah dua tahun berlalu diseleggarakan secara virtual, DCF tahun 2022 kini kembali terlaksana secara luring.

Even ini akan berlangsung 3 hari pada 2,3 dan 4 September 2022, dengan mengusung konsep adalah ‘Return of The Light’.” Rangkaian acaranya antara lain : Aksi Dieng Bersih Lestari, festival kopi, festival caping gunung, kongkow budaya, dan musik Jazz di Atas Awan, dengan bintang tamu utama : Andien, Marcell, Souljah dan Deny Caknan.*** (tim kominfo_bna)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =

Back to top button