Pendidikan Dan Budaya

Siswa SD Putra Harapan Purwokerto Kunjungi ‘Expfarm’ Fapet Unsoed

PURWOKERTO–Suasana Experimental Farm (Expfarm) atau lahan percobaan peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed), Kamis (22/9/2022) pagi itu berbeda dari biasanya. Jika biasanya terlihat mahasiswa sedang praktek di tempat itu, kali ini Expfarm riuh riang oleh kedatangan para siswa SD.

Ya, 77 siswa kelas 3 dan 6 guru pendamping dari SD Putra Harapan, Purwokerto pagi itu mengunjungi Expfarm yang berada di kompleks Fakultas Peternakan Unsoed di Jalan Dr Soeparno, Karangwangkal, Purwokerto.

“Wow… sapinya pipis. Awas, jangan dekat-dekat !,” teriak beberapa anak saat melihat seekor sapi sedang kencing di dalam kandang.

Para siswa sangat senang berada di Expfarm itu. Mereka belajar dari dekat tentang seluk beluk dunia peternakan, melalui pembelajaran di luar kelas atau outdoor learning.

Kedatanagn rombongan siswa SD dan gurunya itu diterima oleh Ketua Expfarm Ir.Nur Hidayat,MSi.,IPM, didampingi dosen Fapet Unsoed Annistia Rahmadian Ulfah,SSi.,MSi., dan tiga mahasiswa Fapet Unsoed Amirudin, Umarudin, dan Masdir.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan edukasi ini. Di sini, anak-anak bisa belajar dan mengetahui serta melihat secara langsung proses pemeliharaan ternak, proses pemberian pakan, sanitasi, kesehatan ternak, dan lain-lain,” ujar Nur Hidayat yang didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum yang juga dosen Fakultas Peternakan Unsoed saat menerima rombongan di halaman Expfarm.

Setelah mendapat penjelasan tentang keberadaan Expfarm secara gamblang, para siswa diajak langsung meninjau ke unit-unit kandang. Yakni kandang sapi perah, kandang sapi potong, kandang kambing, kandang domba, kandang ayam petelur, dan kandang ayam pedaging.

Anak-anak sangat antusias dan banyak mengajukan pertanyaan tentang apa saja yang mereka lihat kepada mahasiswa dan dosen pendamping.

Ir Alief Einstein, M.Hum, dosen senior Fakultas Peternakan yang juga Humas Dies Natalis ke-56 Fakultas Peternakan Unsoed menambahkan, untuk memberikan pengalaman belajar secara nyata, anak-anak perlu dikenalkan sejak dini dengan kondisi di lapangan.

“Melalui kunjungan ini, diharapkan anak-anak dapat dengan mudah memahami proses pembelajaran yang berhubungan dengan dunia peternakan,” ujar Alief Einstein.

Untuk diketahui, Expfarm Fapet Unsoed selama ini melayani lima pelayanan. Yakni penjualan susu sapi dan kambing setiap hari, menerima kunjungan edukasi, pelatihan budidaya ternak, pelatihan inseminasi buatan dan penelitian. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =

Back to top button