Pendidikan Dan Budaya

SMPN 1 Jatilawang Banyumas Wakili Jateng di LCC Museum Nasional

BANYUMAS – Meski di sekitar sekolah tidak terdapat museum, dan juga akses ke museum di pusat kota terkendala jarak, namun hal itu tidak menjadikan kendala bagi siswa SMPN 1 Jatilawang Banyumas untuk meraih jawara pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Museum beberapa bulan lalu di Museum Ranggawarsita Semarang. Atas prestasi tersebut, hari ini Senin-Sabtu (5-10/9/2022) mereka mewakili Jawa Tengah dalam final nasional LCC yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dan Museum Nasional secara daring.

Perlombaan yang digelar berregu ini dalam final nasional akan mempertemukan 32 sekolah SMP/MTs dari 32 provinsi se Indonesia yang berpartisipasi.

Regu SMPN 1 Jatilawang sendiri terdiri dari Hanifah Safinatunnajah Munadi, Annisa Nur Fitriana dan Rafhika Koreno Pramunindya. Mereka berada di bawah bimbingan guru IPS yang terdiri dari Sulimah, Nanik Nurjanah, Hary Tugiwati dan Purwanto.

Kepala SMPN 1 Jatilawang Sornarko sangat bangga dengan pencapaian yang diraih oleh para siswanya. Menurutnya, prestasi ini dapat menjadi bukti bahwa lokasi sekolah yang di pinggiran tidak menjadi penghalang untuk dapat berprestasi sampai tingkat nasional.

“Kami sangat bangga terhadap prestasi yang diraih anak-anak, dan mohon doa restu seluruh warga Jawa Tengah, utamanya warga Banyumas, karena mereka membawa nama Jawa Tengah. Semoga dapat meraih hasil terbaik,” harap Soenarko.

Pembimbing siswa Purwanto menyatakan pihaknya mempersiapkan secara penuh persiapan untuk menghadapi final nasional.

“Karena daring, maka selain penguasaan materi lomba, para siswa juga kita pastikan memakai jaringan internet yang baik dan juga lancar. Kejujuran juga dapat dijamin karena ada pengawas dari Asosiasi Guru Sejarah Indonesia yang hadir secara luring ke sekolah saat tim bertanding secara daring,” jelas Purwanto. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 2 =

Back to top button