Olahraga

Jamselinas XI akan Digelar di Purwokerto

PURWOKERTO–Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke XI akan digelar di Purwokerto, Sabtu (22/10/2022) mendatang. Kegiatan yang merupakan ajang silaturahmi & gowes bareng pecinta sepeda lipat se Indonesia ini, akan diikuti peserta dari seluruh komunitas sepeda lipat se Indonesia maupun peserta non komunitas dengan menggunakan sepeda lipat.

Ketua panitia Jamselinas XI Eko Prayitno yang didampingi pembina Jamselinas XI, Dr Nurul Hidayat, S.Pt, M.Kom mengatakan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di era pandemi, Jamselinas XI tahun 2022 mengusung tema ‘Pit-pitan Grapyak Semanak’ . Jamselinas XI mengambil titik start di Menara Teratai, salah satu ikon terbaru Purwokerto dan finish di TRAP (Taman Rekreasi Andang Pangrenan).

Pembina penyelengara Jamselinas XI Dr Nurul Hidayat, S.Pd, M.Kom (kiri) bersama Bupati Banyumas Ir Achmad Husein

“Tema Pit-pitan Grapyak Semanak ini mengandung arti bersepeda dengan semangat kegembiraan, saling sapa dan bersilaturahmi dengan komunitas sepeda lipat dari seluruh penjuru nusantara. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun, digilir ke beberapa kota besar, antar pulau, antar wilayah Indonesia. Tahun 2022 ini giliran tuan rumah Purwokerto,” ujar Eko Prayitno di Purwokerto, Rabu (5/10/2022).

Nurul Hidayat menambahkan, untuk mensosialisasikan Jamselinas dan dalam rangka Hari Batik Nasional, pihaknya menyelenggarakan gowes bersama Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, keliling kota Purwokerto, Minggu (4/10/2022) pagi. Kegiatan yang diikuti 50 peserta dari berbagai komunitas sepeda, diantaranya Bike to Work (B2W) Purwokerto, menempuh rute sejauh 10 kilo meter, start dari Pendopo Si Panji dan finish di kompleks Menara Pandang Teratai Purwokerto.

Selain memeriahkan Hari Batik Nasional, Nurul Hidayat yang akrab disapa Doktor Enha menyerukan kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi harian masyarakat. Seperti halnya batik yang kini lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsoed ini pun berharap bahwa bersepeda juga dapat menjadi pilihan transportasi setiap hari.

Sebagian panitia Jamselinas XI

“Kami juga mengajak kepada semua elemen pemerintah dan komunitas sepeda di Banyumas dan Purwokerto untuk mensukses Jamselinas XI sebagai ajang silaturahmi dan promo wisata serta budaya,” ajak Nurul Hidayat yang juga Ketua B2W Purwokerto.

Di sela-sela hari H penyelenggaraan Jamselinas, akan diluncurkan sepeda lipat edisi khusus (Limited Edition), dari 2 brand sepeda lipat ternama dan populer di Indonesia yaitu Kreuz Bike & FNHON. Informasi lebih jauh mengenai Jamselinas XI bisa dilihat di laman https://www.jamselinaspurwokerto.com maupun dapat bertanya melalui pesan pada nomor WhatsApp 0821-1103-5455. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 11 =

Back to top button