Pendidikan Dan Budaya

Meriah, Kegiatan Gelar Karya P5 – Hari Batik Nasional di SMAN 1 Sokaraja

BANYUMAS, detakjateng – Kepedulian SMA Negeri 1 Sokaraja untuk melestarikan dan mengembangkan batik Banyumasan, patut diacungi jempol. Hal ini diwujudkan dengan diselenggarakannya Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka, selama dua hari, Senin-Selasa (3-4/10/2022), di sekolah setempat. Berbagai kegiatan yang berlangsung semarak dan meriah ini, sekaligus untuk memeriahkan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi berbagai pihak, sehingga acara gelar karya P5 dan peringatan Hari Batik Nasional SMAN 1 Sokaraja dapat berjalan lancar dan sukses,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Drs. Kuat Risyanto di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas, Kamis (6/10/2022).

Salah satu penampilan peserta lomba fashion show tingkat SMP se Banyumas raya.

Pada hari pertama, Senin (3/10/2022) digelar berbagai kegiatan. Yakni pembukaan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah X Provinsi Jawa-Tengah Drs Agus Triyanto M.Si. Kemudian dilanjutkan pentas tarian massal P5 di lapangan upacara, pemilihan duta batik Smaraja tahun 2022 yang diikuti perwakilan kelas X dan XI, lomba desain canting motif batik, lomba mewarnai untuk PAUD, TK dan SD se Banyumas Raya serta gelar karya P5 dengan tema kewirausahaan.

Khusus untuk lomba mewarnai kategori PAUD dan TK, juara 1 Arumna Naomi dari PP Harapan Bunda (Purwokerto), juara 2 Kekira Athaletha (RA Bani Malik/Banyumas), juara 3 Adinda Asma (BA Aisyiyah Kalikabong, Purbalingga), juara harapan 1 Zara Aprilia A , juara harapan 2 Natsya Mutiara K, dan juara harapan 3 Rafardan. Tiga yang disebut terakhir semuanya dari TK Pertiwi Banjarsari Wetan. Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

Kepala SMAN 1 Sokaraja, Banyumas Drs. Kuat Risyanto berfoto bersama sebagian juara lomba fashion show tingkat SMP se Banyumas raya dan guru pendamping.

Untuk lomba mewarnai tingkat SD, juara 1 Radhika dari SD Negeri 1 Sokanegara Wetan, jjuara 2 Aisha (SDN 1 Kranji), juara 3 Fatimah (SDN 1 Banjaranyar), juara harapan 1 Adwa (SDN 2 Banjaranyar), juara harapan 2 Cahyaning (SDN 2 Pliken), dan juara harapan 3 Abizar dari SDN 1 Banjaranyar.

Pada hari kedua, Selasa (4/10/2022), kegiatan lebih meriah lagi. Yakni peluncuran batik terbaru SMA Negeri 1 Sokaraja yang diberi nama “Batik Tri Puruhita”.
Kegiatan ini dihadiri istri Bupati Banyumas yang juga Ketua Dekranasda Banyumas Ny Ernawati Sulistyawati Ahmad Husein, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Dalam kesempatan itu Ny Erna Sulistyawati Ahmad Husein sekaligus membuka lomba fashion show tingkat SMP se Banyumas Raya dan lomba batik casual fashion day yang diikuti peserta dari para siswa SMAN 1 Sokaraja.

Ny Erna Sulistyawati mengapresiasi kegiatan yang dilakukan SMA Negeri 1 Sokaraja . “Kegiatan ini konkret sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan
batik Banyumas. Kami harap, ini bisa dijadikan agenda rutin untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Banyumas. Kami juga berharap, dari kegiatan ini lahir desainer batik dan modeling batik fashion berbakat,” harap Erna Sulistyawati.

Saat meninjau stand gelar karya P5 peserta didik kelas X di aula SMAN 1 Sokaraja, Ny Erna Sulistyawati memuji kreativitas dan inovasi karya batik yang dipajang. “Masih SMA sudah pintar menghasilkan karya batik dengan motif yang bagus- bagus. Teruslah berkreasi ya,” ujar Erna Sulistyawati memotivasi para peserta didik SMAN 1 Sokaraja.

Sementara itu untuk juara lomba lomba fashion show tingkat SMP se Banyumas Raya, juara 1 Heladyanda Mutiara dari SMP Negeri 2 Purwokerto, juara haraoan 2 Kavita Shabna Amanta M (SMP Negeri 1 Purbalingga), juara 3 Ashera Wardhana (SMPN 1 Purbalingga), juara harapan 1 Rosye Arly W (SMPN 3 Purbalingga) dan juara harapan 2 Nabila Rizkya Andan (SMPN 3 Purbalingga). Sedangkan untuk busana terbaik diraih Bintang Muhamad Ilham dari SMPN 3 Purbalingga.

Untuk lomba batik casual fashion day yang diikuti peserta dari para siswa SMAN 1 Sokaraja, juara 1 kelas XI IPS 2, juara 2 kelas XI IPS 1 dan juara 3 kelas XI MIPA 4. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =

Back to top button