Pendidikan Dan Budaya

Pameran dan Fashion Show Unik digelar di SMPN 1 Kejobong

PURBALINGGA, detakjateng – Untuk membangun kreativitas siswa, SMP Negeri 1 Kejobong, Purbalingga menggelar pameran dan fashion show unik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), di lapangan indoor sekolah setempat, Sabtu (1/10/2022).

Kepala SMP Negeri 1 Kejobong, Miswadi Warsono S.Pd, M.Pd mengemukakan, sebanyak 675 siswa atau seluruh siswa dari kelas VII, VIII dan IX terlibat aktif dalam kegiatan P5 yang diterapkan dalam kurikulum merdeka ini.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap melalui kegiatan ini siswa dapat lebih kreatif dan inovatif dalam berkarya,” ujar Miswadi Warsono saat membuka kegiatan ini.

Untuk pameran, mengusung tema “Emas Di Tumpukan Sampah”. Tema ini dilatarbelakangi bahwa kegiatan P5 diawali sosialisasi oleh R.R. Hendarti, S.Sos dari perpustakaan Limbah Pustaka Desa Muntang, Kecamaatn Kemangkon, Purbalingga. Dalam sosialisasi itu, Hendarti menerangkan dan mempraktekkan tentang tips mengolah sampah anorganik menjadi hiasan, tas, bunga, vas dan lain-lain. Para siswa dibekali keterampilan itu selama kurang lebih 3 pekan, yang akhirnya karya para siswa ditampilkan pada pameran.

Stand pameran siswa SMPN 1 Kejobong

“Apa yang dismapaikan Ibu Hendarti ibarat mengubah sampah menjadi barang berharga yang menarik seperti emas. Untuk itu, kami mengusung tema ini dalam pameran P5,” terang Miswadi.

Pada pameran ini, lanjut Miswadi, banyak karya kreatif siswa yang menarik ditampilkan oleh setiap kelas, seperti kerajinan olahan sampah, wirausaha, karya seni, serta karya literasi siswa.

Pameran berlangsung semarak dan meriah, karena setiap stand dipadati pengunjung dari kalangan siswa, guru, karyawan dan wali siswa. Para pengunjung antusias melihat karya para siswa yang kreatif, unik dan menarik.

Di sela-sela pameran, acara dimeriahkan dengan fashion show unik. Disebut unik, karena fashion show ini berbeda dengan fashion show pada umumnya. Pasalnya, kostum yang dipakai bukanlah kostum biasa, tetapi memakai kostum dari kain jarik yang dikreasikan dengan sampah plastik, koran dan sebagainya. Setiap perwakilan kelas, mengirimkan sepasang siswa dan siswi untuk ikut ambil bagian dalam fashion show unik ini.

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan di SMPN 1 Kejobong. Kreativitas siswa terlihat dalam kegiatan ini, dan mereka tampil berlenggak-lenggok dengan penuh percaya diri.

Keluar sebagai juara fashion show adalah perwakilan dari kelas IX G atas nama Fersha Mareta dan Alif Irfan. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × two =

Back to top button