Pemerintahan

PKK Miliki Peran Penting Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

PURWOREJO, detakjateng-Peran PKK sangat penting untuk ikut membantu menyejahterakan keluarga. Kegiatan PKK tak hanya melulu arisan dan bukan hanya sebagai formalitas saja.

Tim Penggerak PKK memiliki peran vital dalam ikut membangun, terutama di desa-desa.

Hal itu disampaikan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Kaligesing, Anna Wahyu Jaka saat mendampingi tim penilai ‘Pelaksanaan Evaluasi 10 Program Pokok PKK’ Kabupaten Purworejo, Kamis (06/10/2022).

Ketua TP PKK Kabuolpaten Purworejo, hj Riri Agus Bastian melihat-lihat hasil kerajinan dari bungkus kopi di Bank Sampah Sumber Rejeki. (Foto: NING)

“PKK bukan hanya arisan dan formalitas, tetapi memiliki peran penting dalam ikut bersama membangun desa, meningkatkan kesejahteraan keluarga. Alhamdulillah, dari 32 desa binaan, Kaligono ini masuk dalam 6 besar se-Kabupaten Purworejo dalam pelaksanaan 10 Program PKK,” kata Anna Wahyu Jaka dalam sambutannya.

Tim penilai dari Kabupaten dipimpin oleh Ketua TP PKK, Hj Verena Fatima Agus Bastian, atau dikenal dengan nama Riri Agus Bastiam. Mereka datang ke Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing untuk memberikan penilaian karena desa yang terkenal sebagai penghasil durian ini berhasil masuk 6 besar.

Acara seremonial dilaksanakan di Balai Desa Kaligono yang berada satu area dengan Kantor Kecamatan dan Koramil Kaligesing. Sedangkan kunjungan lapangan, para juri diajak melihat contoh rumah sehat di Dusun Sidandang. Lalu ke Bank Sampah Sumber Rejeki serta ke Posyandu Lansia Sari keduanya di Dusun Sumbersari.

Nampak Riri Bastian dan tim juri sangat menikmati dan berbaur dengan ibu-ibu menari serta bercengkerama dengan anggota PKK Kaligono.
Saat mengunjungi Bank Sampah Sumber Rejeki yang membuat kerajinan dari bungkus kopi, Riri sempat memberikan advice agar para perajin membuat tikar dari sampah bungkus kopi.

“Bank sampah membeli bungkus kopi dari warga, per bungkus kami beli dengan harga Rp100. Ada juga yang 3 bungkus dihargai Rp100, tergantung harga kopi juga. Ibu-ibu di sini kemudian menganyamnya menjadi kerajinan tas, pot bunga, dompet, taplak.meja dan lainnya. Kalau laku uangnya masuk ke kas,” jelas Ketua TP PKK Desa Kaligono, Yuliati Suroto.

Sementara itu, Riri Agus Bastian menerangkan bahwa, kegiatan ini untuk melihat sejauh mana 10 program pokok PKK dijalankan. “Ini sudah masuk 6 besar, makanya tadi ada lomba pidato oleh Ketua TP PKK Desa Kaligono. Tema yang kami ambil adalah stunting. Dari 16 kecamatan, kami ambil 6 desa dari 6 kecamatan untuk nanti diambil juara 1-3 dan juara harapan 1-3,” jelas Riri Agus Bastian.

Dengan adanya evaluasi program akan terlihat apakah peran PKK sudah benar-benar sampai ke masyarakat. Riri melihat bahwa desa-desa binaan telah mampu mengimplementasikan 10 program pokok PKK dengan baik.

Perempuan ramah ini juga menjelaskan apa yang dimaksud dengan rumah sehat yang masuk dalam salah satu program. “Rumah sehat itu tak harus bagus, yang penting memenuhi syarat yaitu, penerangan cukup, ukurannya adalah jika siang hari dalam rumah cukup terang tanpa lampu. Ventilasi bagus, halaman dimanfaatkan untuk tanaman yang bermanfaat bisa juga untuk kolam ikan, sehingga bisa memenuhi gizi keluarga,” terangnya.

Selain itu, lanjut Riri, ciri rumah sehat adalah pengelolaan sampah baik, ada MCK, ruang tidur antara penghuni dewasa dan anak-anak.juga harus terpisah. Penyajian makanan gizi seimbang serta penggunaan garam beryodioum juga dinilai.

“Sekarang ini sedsng kita sosialisasikan kamar tidur terpisah antara orang dewasa dan anak, agar rumah lebih nyaman dan sehat,” pungkas Riri. NING

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − nine =

Back to top button