Pemerintahan

Komisi III DPR-RI Lakukan Kunjungan Spesifik Kedua Di Desa Wadas

PURWOREJO, detakjateng-Komisi III DPR-RI melakukan kunjungan spesifik untuk kedua kalinya ke Kabupaten Purworejo, yang dipusatkan di Balai Desa Wadas, Kamis (10/11/2022). Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa, didampingi Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM serta sejumlah unsur Forkopimda.

Kunjungan kerja spesifik komisi III DPR-RI ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan pertama pada bulan Februari lalu. Pada kesempatan itu Desmond Junaidi Mahesa selaku ketua rombongan, membuka komunikasi dua arah.

Pada sesi ini Fuad, salah seorang warga Wadas mengungkapkan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Gubernur Jawa Tengah untuk menyampaikan perkembangan yg ada.

Pertama, penambangan harus berhenti saat proyek bendungan Bener telah cukup untuk pemenuhan kontruksi. Kedua, inti pokoknya bahwa lahan paska tambang ini harus dikelola oleh warga, lewat mekanisme apapun.

“Ketiga, kami minta komitmen dari pak Gubernur untuk membangun Desa Wadas secara total, seperti yang didengungkan akan menjadi desa makmur, ” tandasnya.

Beberapa tuntutan itu dijawab secara langsung oleh Desmond Junaidi. “Yang pertama, yang perlu saya tanggapi adalah kapan bapak-bapak sekalian membuat draft klausul-klausul itu. Kami terbuka membantu untuk membuat catatan-catatan hukum. Tinggal klausul itu nanti apakah gubenur setuju, ” katanya.

Sebelum acara dialog selesai, secara simbolis Desmond menerima proposal yang berisi klausul-klausul dari perwakilan warga masyarakat Desa Wadas. Kemudian dilakukan foto bersama, disaksikan oleh Kepala Desa Wadas, perwakilan warga masyarakat dan segenap tamu yang hadir.

Ditemui usai dialog Desmond mengatakan bahwa pihaknya akan mengadakan rapat dengan Gubernur, Kapolda, BPN, dan BBWS di Semarang. “Kami akan sampaikan catatan-catatan yang hari ini diperoleh. Termasuk juga catatan-catatan kami yang lalu terhadap penambangan yang terjadi di Desa Wadas,” ungkapnya. ADV

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 11 =

Back to top button