Pendidikan Dan Budaya

Kampung UMP di Banjaranegara Kembangkan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal

Purwokerto, detakjateng – Tim Program kampung Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan pelatihan pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal dan peran koperasi dalam pemberdayaan UMKM di Balai Desa Gumelem Kulon, Banjarnegara, Selasa, (27/12/2022) kemarin.

Adapun pemateri pada pelatihan tersebut yakni Dr Juanita, M. T dan Hardianto Wibowo, S.E., M.Si. Keduanya merupakan dosen Fakultas Teknik UMP.

Salah satu pemateri Dr Juanita, M.T mengatakan pelatihan ini bisa menjadi masukan untuk pengembangan wisata bagi masyarakat.

“Tujuannya nanti selain bisa menjadi masukan atau wawasan bagi para perangkat setempat juga bisa untuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini tetap berlanjut hingga Desa Gumelem menjadi salah satu destinasi wisata.

Camat Susukan Banjarnegara Drs. Susanto menyampaikan terimakasih atas pelatihan yang dilaksanakan.

“Terimakasih kepada UMP yang telah membuka pandangan kita semua, khususnya masyarakat Desa Gumelem Wetan dan kulon karena gumelem ini mempunyai potensi yang luar biasa khususnya desa wisata dan UMKM,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini menjadi pintu pembuka dan melangkah lebih jauh untuk pengembangan desa wisata dan UMKM melalui koperasi.

Lebih lanjut ia bertekad mengumpulkan pelaku UMKM dan Pokdarwis untuk menindak lanjuti pelatihan ini.

“Kita kumpulkan para pelaku UMKM, kemudian para pelaku wisata atau Pokdarwis dari kedua desa untuk tindak lanjut ke depannya,” katanya. (nan)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − one =

Back to top button