Pemerintahan

Pembangunan Gedung PLUT Tepat Waktu, Purworejo Segera Miliki ‘Rumah’ Pelaku UMKM

PURWOREJO, detakjateng – CIS SMEsCO (Center for Integrated Service of Small Medium Enterprises and Cooperatives) atau dikenal juga sebagai PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) merupakan rumah bagi para pelaku UMKM. Beruntung, Kabupaten Purworejo mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Koperasi dan UKM untuk membangun gedung PLUT KUMKM di Jalan Raya Boro, Kelurahan Boro Kulon, Kecamatan Banyuurip. Karena tidak semua daerah kabupaten/kota bisa mendapat anggaran atau dana untuk pembangunan PLUT.

Pemenang tender proyek senilai Rp5.792.447.000 itu adalah CV Azahra Purworejo. Sesuai kontrak kerja, pembangunan dimulai sejak Bulan Juli hingga Bulan November 2022.

“Pembangunan gedung PLUT KUMKM Kabupaten Purworejo audah selesai tepat waktu. Rencana selesai pemeliharaan pada Bulan April 2023,” kata Dirut CV Azahra, Manar Falaq, Sabtu (10/12).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto menjelaskan bahwa, fungsi PLUT adalah untuk memberikan pelayanan.

Gedung PLUT KUMKM Kabupaten Purworejo. (NING)

“Fungsi PLUT adalah memberikan layanan kepada KUMKM dan wirausaha, terkait permasalahan yang dihadapi. PLUT merupakan lembaga non finansial yang berfungsi untuk memberikan pembinaan, pendampingan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM dan wirausaha,” jelas Gathot.

Para pelaku KUMKM yang ingin memperoleh layanan, bisa mendaftar langsung ke gedung PLUT di Jalan Raya Boro Kulon atau yang lebih dikenal dengan nama Don Bosco. Bisa juga mendaftar ke Dinas KUKM dan Perdagangan atau lewat Forum UMKM Kecamatan.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek pembangunan gedung PLUT KUMKM pada Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Ari Wibowo, ST menambahkan, mengenai anggaran pembangunan senilai Rp5,7 M lebih dianggarkan dari DAK Kementrian Kploperasi UMKM serta APBD Kabupaten Purworejo TA 2022. Sedangkan untuk biaya operasional kantor berasal.dari APBD Purworejo.

“Jika telah beroperasi, PLUT akan melayanj legalitas usaha, akses pembiayaan, pemasaran, pelatihan, pengembangan usaha dan lain-lain bagi koperasi, pelaku UMKM dan para wira usaha,” pungkas Ari Wibowo. (NING).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + five =

Back to top button