Kesehatan

Puluhan Goweser Semarakkan LSR ke 13 di Purwokerto

PURWOKERTO–Puluhan goweser dari berbagai komunitas sepeda di Purwokerto, Minggu (25/12/2022) ikut ambil bagian pada Last Sunday Ride (LSR) ke 13 Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Sepeda Lipat Banyumas – Selimas dan Tim. Kegiatan ini sebagai ajang mengikatkan silaturahmi antara goweser dari berbagai komunitas sepeda, sekaligus ajang berbagi pengalaman dan wawasan.

Para peserta Last Sunday Ride (LSR) ke 13 Tahun 2022 di Purwokerto, berkumpul di depan Pendopo Si Panji atau kompleks Alun-alun Purwokerto, bersiap untuk start.

“Kami bersepeda santai bersama gabungan komunitas dan pegiat sepeda di Purwokerto menjelang akhir tahun 2022 ini,” ujar Ketua panitia penyelenggara, Ruli Anggoro di sela-sela LSR ke 13.

Adapun komunitas sepeda yang ikut dalam LSR ke 13 itu, diantaranya Gowes Purwokerto, Gowes Lokal Perekan, Seliwetan Purwokerto, Sepeda Lipat Purwokerto, Minion Banyumas Raya, Saha Cycling Club. Sonic CC Purwokerto, Selimas, Old Man Bike Community, Teams Kidd, Bropmton Owner Group Indonesia, Urban 16, B2W Purwokerto dan Komunitas Sepeda Banyumas.

Para peserta Last Sunday Ride (LSR) ke 13 Tahun 2022 di Purwokerto.

Rute yang ditempuh, sepanjang 40 kilo meter. Yakni start dari Alun-alun Purwokerto ke arah utara menuju Desa Beji, Karangnangka, Dawuhan Singasari, Langgongsari dan finish di Rumah Makan Gerai Lodeh di Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas.

Rute yang asyik karena menerobos jalan-jalan desa, dan cuaca yang sejuk ikut mendukung LSR ke 13 itu berlangsung dalam suasana keakraban dan kecerian semua peserta.

Di lokasi finish, panitia membagikan door prize yang berasal dari berbagai Sponsor. Salah satu peserta Dr. Enha yang juga ketua B2W Purwokerto mendapatkan doorpize Rp 1 juta.

Salah satu peserta Last Sunday Ride (LSR) ke 13 Tahun 2022 di Purwokerto, Dr Nurul Hidayat, S.Pd, M.Ikom yang mendapatkan door prize Rp 1 juta.

Doktor Enha menyatakan, sebagai alat transportasi paling tua dan sederhana yang hingga kini masih berkembang, alasan penggunaan sepeda kian beragam. Diantaranya, meningkatkan imunitas tubuh, sebagai alternatif transportasi publik yang belum memadai, dan tentunya merasa bersepeda merupakan aktivitas luar ruang yang paling realistis dilakukan.

“Dampak positifnya, bumi seolah tersenyum karena tingkat polusi turun drastis, langit terlihat kembali biru, dan kualitas air pun diyakini membaik,” ujar Doktor Enha– panggilan akrab dari Dr Nurul Hidayat, S.Pt, M.Kom yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unsoed ini.

26 kota
Untuk diketahui, akhir tahun menjadi salah satu momen yang paling ditunggu masyarakat, begitu pula bagi pesepeda. Banyak event sepeda yang diselenggarakan pada akhir taun terutama pada saat libur Natal dan Tahun Baru. Salah satu event sepeda yang “wajib” diikuti yakni Last Sunday Ride. (LSR)

Seperti namanya, event ini dilaksanakan pada hari Minggu terakhir di bulan Desember. Event tahunan ini memang sudah dilaksanakan berkali-kali setiap tahunnya di berbagai kota. Untuk tahun ini penyelenggaraan ke 13 , dan tidak kurang dari 26 kota di Indonesia melaksanakan LSR 2022, mulai dari kota Medan hingga kota Merauke.

Dilansir dari lastsundayride.com, Last Sunday Ride diprakarsai sekelompok pesepeda “Fixed Gear” di seputaran Jakarta yang rutin bersepeda bersama, pada tahun 2010. Ide LSR muncul sebagai kegiatan bersama pesepeda pada hari Minggu terakhir di penghujung tahun. Pesepeda penggerak LSR mempunyai visi awal akan kota yang ramah, aman, dan nyaman untuk bersepeda. Berawal di Jakarta dan kemudian berkembang ke kota-kota lain di Indonesia, termasuk Purwokerto.

Event Last Sunday Ride ini menjadi ajang berkumpulnya komunitas-komunitas sepeda dari berbagai genre sepeda mulai dari Road Bike, MTB, Sepeda Lipat dan lainnya. Meski berbeda genre tetapi tetap satu kayuhan bersama. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 1 =

Back to top button