Pemerintahan

Wapres KH Ma’ruf Amin Resmikan Gedung PLUT Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, detakjateng-Rumah untuk pelaku UMKM, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Purworejo telah diresmikan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin. Acara simbolis peresmian berlangsung di PLUT Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (27/12/2022).

Selain Purworejo, Wapres juga meresmikan PLUT Kabupaten Semarang, Maros, Dairi, Buleleng dan Kota Kendari. Menteri KUKM Teten Masduki, Gubernur Ganjar Pranowo, Wakil Bupati Yuli Hastuti dan Kepala Dinas KUKMP Gathot Suprapto beserta lima bupati/wali kota lain hadir dalam penandatanganan prasasti Gedung PLUT.

Sebagai ungkapan rasa syukur, hari ini, Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo mengadakan acara tasyakuran sebelum menempati gedung yang beralamat di Jalan Ring Road Selatan, Kelurahan Boro Kulon, Kecamatan Banyuurip, Rabu (28/12/2022).

“PLUT memiliki posisi strategis dalam pengembangan semangat kewirausahaan. Apalagi PLUT telah dinyatakan sebagai salah satu Executing Agency Pengembangan Kewirausahaan Nasional di daerah. Oleh karena itu, saya sangat berharap, apa yang sudah dimulai ini dapat terus dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh pemerintah daerah sehingga terbentuk suatu ekosistem kewirausahaan yang kondusif,” kata Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Wabup Yuli Hastuti menambahkan, PLUT merupakan wahana pendampingan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing. ”Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Purworejo, saya menyampaikan terima kasih telah difasilitasi dalam pembangunan gedung PLUT,” kataYuli Hastuti.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas KUKMP, Gathot Suprapto menjelaskan bahwa, PLUT merupakan wahana pendampingan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM. “PLUT berfungsi untuk peningkatan kualitas dan daya saing sehingga menjadi koperasi yang aktif dan modern serta UMKM yang produktif dan mandiri,” jelas Gathot usai acara syukuran Gedung PLUT, Rabu (28/12/22).

Pendampingan yang dilakukan, lanjut Gathot, meliputi peningkatan kualitas SDM, kelembagaan, produktivitas, legalitas usaha, akses permodalan dan pemasaran.

Direktur CV Azzahra, Manar Falak, selaku pemenang tender mengungkapkan bahwa, pembangunan PLUT selesai tepat waktu. “Kami selaku penyedia jasa yang ditunjuk mengerjakan gedung PLUT Kabupaten Purworejo mengucapkan terima kasih pada rekan-rekan media dan dinas terkait sehingga bisa mewujudkan impian Kabupaten Purworejo memiliki gedung PLUT. Suatu kebanggan karena se-Indonesia hanya 6 daerah yang memiliki rumah UMKM ini. Semoga bermanfaat,” ujar Manar. (NING)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =

Back to top button