Pendidikan Dan Budaya

UNY Siap Tingkatkan Prestasi Dengan Tambah Fasilitas Olahraga,Bangun Gor Di Kampus Wates

KULONPROGO,detakjateng.co.id –Universitas Negeri Yogyakarta meresmikan fasilitas baru di kampus wilayah wates berupa GOR yang memenuhi standar Nasional, Laboratorium Olahraga, Plaza UNY Kampus Wates, dan kompleks stadion baru . Fasilitas itu berupa lapangan speak bola, panahan, lapangan softball, dan Athletic Track. 

Peresmian itu pada 30 Desember 2022, dihadiri Rektor UNY, Prof. Sumaryanto M.Kes., AIFO beserta jajarnya di damping DPP IKA, Prof. Suyanto M.Ed., Ph.D, beserta tamu undangan yang dihadiri PJ bupati yang diwakili oleh Asisten Pemerintah Kesra Setda Kulon Progo, dan Polres Kulonprogo.

Menurut rektor, sebagai kampus pendidikan yang memiliki beberapa fakultas seperti Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Sosial(FIS), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ipa (FMIPA), dan Fakultas Teknik (FT). yang tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Yogyakarta, UNY terus berbenah.

” Beberapa kampus tersebar seperti di Kampus Pusat yang terletak di Jalan Colombo, Caturtunggal, Kampus Mandala, Kampus Bantul, Kampus Gunung Kidul, dan Kampus Wates,” ujar rektor.

Dikutip dari situs uny.ac.id, proyek pembangunan fasilitas baru ini menelan biaya total sebesar Rp. 62,7 M, dengan rincian GOR berstandar nasional sebesar Rp.19,1 M, Lab. Keolahragaan sebesar 3,9M, Plaza UNY sebesar 35,1M, dan kompleks Stadion sebesar 4,6M.   Lab Keolahrgaan terdiri dari 4 lantai yang digunakan sebagai laboratoriumm program studi Promosi Kesehatan dan Laboratorium Pengobatan Tradisional. 

Keberadaan Fasilitas baru ini diharapkan mendorong prestasi para mahasiswa di kampus wilayah dan sinergitas dengan forkompindo Kulonprogo. 

“Kampus Vokasi UNY harus bisa bersinergi dengan Forkompimda Kulonprogo supaya lebih minulya dengan adanya bangunan dan fakultas disini” ucap Prof. Sumaryanto dikutip dari yogya.inews.id. 

Fasilitas ini selain diharapkan untuk mendukung peningkatan prestasi di bidang olahraga, juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Kulonprogo melalui Plaza UNY. Kualitas GOR yang diresmikan berdasarkan standar nasional diharapkan memberi dampak penting kepada Kulonprogo.

Menurut Rektor UNY, keberadaan fasilitas sarana dan prasarana ini diharapkan memberikan sumbangsih  terhadap kemajuan olahraga di Kulonprogo. Apabila Kulonprogo menjadi tuan rumah PORDA kelak . UNY siap memberikan sumber daya manusia, sarana dan prasarana supaya tercipta sinergi yang positif antara UNY dan pemerintah Kulonprogo.

Dalam kesempatan ini, Drs. Jazil Ambar Was’an mewakili PJ Bupati Kulonprogo menyampaikan selamat atas diresmikanya fasilitas UNY di Kampus Wates. Menurutnya, keberadaan fasilitas kampus ini dapat memebrikan dampak luar biasa baik dibidang pendidikan maupun keolahragaan di Kulon Progo, dengan adanya fasilitas ini dapat memberikan motivasi atlit dari Kulonprogo untuk terus mengejar prestasi. 

Dalam kesempatan ini para tamu undangan diajak untuk berkeliling mengunjungi fasilitas GOR, Plaza, dan Kompleks stadion. Dalam kegiatan ini juga diadakan Minigame kejuaraan Tenis yang diikuti para tamu undangan (Ardiansyah Kurniawan/red).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =

Back to top button