Berita UtamaWisata Dan Kuliner

Terima SK Desa Wisata, Dinporapar Ajak Warga Banjaran Wujudkan Sapta Pesona Sadar Wisata

PURBALINGGA – Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga resmi berstatus sebagai desa wisata. Status itu muncul setelah keputusan Bupati Purbalingga diterbitkan dan diserahkan kepada pemerintah desa setempat. Penyerahan surat keputusan itu dilakukan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si kepada Kepala Desa Banjaran, Muhamad Ichmun disela-sela karnaval HUT ke-78 RI tingkat desa setempat  di komplek destinasi wisata Klawing Sonten.

Ikut hadir dalam penyerahan SK tersebut, para perangkat desa, lembaga desa, Pokdarwis Banjarandap, Forum Peduli Sungai, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan warga Desa Banjaran.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, konsekuensi dari keputusan bupati sebagai desa wisata, yakni pemerintahan desa yang didukung oleh jajaran dan masyarakatnya untuk berupaya mengembangkan desa wisata dan destinasi yang ada.

“Konsekuensi lain, seluruh warga masyarakat dan jajaran pemdes harus mengkampanyekan Sapta Pesona Sadar wisata. Dengan menerapkan sapta pesona sadar wisata, maka kunjungan wisata ke desa Banjaran diharapkan akan terus meningkat. Sehingga dampak positif selanjutnya akan menggerakan perekonomian di desa,” kata Prayitno, Sabtu (19/8/2023).

Seperti diketahui, destinasi wisata Banjaran muncul setelah selesainya pembangunan bending Slinga. Awalnya, warga Slinga yang mengembangkan wisata di sisi Timur bendungan, namun belakangan justru Pemdes Banjaran yang getol dan bersemangat mengembangkan destinasi wisata di sisi Barat bendungan Slinga. “Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Purbalingga untuk pengembangan Desa Wisata Banjaran, dan kami mohon bimbingangan dai Dinporapar untuk pengembangan dan pemasaran wisata selanjutnya,” harap Kades Muhamad Ichmun. (*).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 8 =

Back to top button